Find Us On Social Media :

Nyai Roro Kidul, Kisah Sakral Rakyat Jelata yang Melebihi Kisah Babad Tanah Jawi, Bahkan Kebesaran Kerajaan Mataram Sendiri

By Ade S, Rabu, 27 Januari 2021 | 18:21 WIB

Ilustrasi Nyi Roro Kidul, ratu penguasa Pantai Selatan Jawa

Intisari-Online.com - Sosok Nyai Roro Kidul begitu masyhur, bahkan dianggap melebihi kisah Babad Tanah Jawi dan kebesaran Kerajaan Mataram sendiri.

Bahkan kisah gaib rakyat jelata ini pun lantas berkembang menjadi sebuah kisah sakral yang menuntut pertanggungjawaban religi yang sifatnya abadi.

Keabadian yang seiring dengan janji, Roro Kidul akan selalu berhubungan dengan seluruh raja Jawa keturunan Panembahan Senopati hingga kini.

Mitos Nyai Roro Kidul sebagaimana tersurat dalam Babad Tanah Jawi itu sampai sekarang masih ada.

Baca Juga: Hukum Picis, Kala Pemberontak Kerajaan Mataram Dihukum dengan Cara Ditusuki Jarum Selama Tiga Hari, Hukuman Pamungkas Diberikan

Kemasyhurannya bergema hingga terekam dalam kitab-kitab ilmiah bangsa seberang.

Sudah lama mitos ini dikaji dan diteliti oleh para ahli, namun semua itu tak sanggup mengubah pandangan masyarakat Jawa akan eksistensi tokoh yang dianggapnya betul-betul ada.

Babad Tanah Jawi karya gabungan sejarah dan dongeng, memang bukan satu-satunya sumber tentang Nyai Roro Kidul.

Namun dari karya tanpa nama inilah, kisah ratu dedemit laut selatan muncul menjadi bagian dari cerita rakyat Indonesia, bukan Jawa saja.

Baca Juga: Simpanannya Dinikahi Putranya Sendiri, Raja Mataram Langsung Minta Sang Pangeran Membunuh Sang Pujaan dengan Tangannya Sendiri