Find Us On Social Media :

Kisah John Cairncross; Mata-mata ‘Paling Berharga’ Lulusan Universita Cambridge yang Terakhir, Sembunyikan Dokumen Rahasia di Celananya

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 26 Januari 2021 | 11:00 WIB

John Cairncross, mata-mata lulusan Cambridge terakhir.

Intisari-Online.com – Sepanjang tahun 1930-an, 'ilegal' Soviet, agen penduduk yang beroperasi di Inggris, dengan hati-hati memilih, merekrut, dan mengasuh bakat-bakat baru di universitas-universitas kuno Inggris di Cambridge dan, pada tingkat yang lebih rendah, Oxford.

Setelah lulus, para rekrutan ini menempa karier tinggi di dinas sipil dan intelijen, sambil membocorkan informasi penting kepada orang-orang Soviet mereka.

Pendidikan dan latar belakang elit mereka memastikan bahwa mereka dipercaya secara implisit dan tanpa pertanyaan.

Asumsi dan prasangka kasar mengenai kelas di antara pegawai sipil Inggris memfasilitasi kegagalan intelijen terburuk dalam sejarah Inggris modern, dan Uni Soviet dengan kejam mengeksploitasi titik buta ini.

Baca Juga: Dengan Paras Ayu dan Rayuan Mautnya, Beginilah Cara Betty Pack Dapatkan Kode-kode Rahasia Selama PD II hingga Jadi Mata-mata MI6 Kebanggaan Inggris

Selama Perang Dingin, ketika agen-agen ini akhirnya ditemukan, aliran pengungkapan yang memalukan muncul di pers.

Dari agen yang direkrut Moskow dengan cara ini, lima muncul yang menonjol dari yang lain.

Kualitas dan kuantitas bahan yang mereka suplai tidak tertandingi; mereka, dalam kata-kata mantan perwira KGB (Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti atau Komite Keamanan Negara) Yuri Modin, 'mata-mata paling berharga.'

Orang-orang ini, Guy Burgess, Donald Maclean, Anthony Blunt, Kim Philby dan John Cairncross telah diberi label 'Cambridge Five'.

Baca Juga: 2 Minggu Menyelinap Wanita China Diduga Sebagai Mata-mata China Ini Ditemukan dengan Cara Tak Terduga Berada di Pangkalan Militer Penting Inggris Ini, Apa yang Dilakukan?