Find Us On Social Media :

Akhiri Penjajahan Belanda atas Indonesia, Ini Nama-nama Tokoh yang Wakili Indonesia dalam KMB

By Khaerunisa, Sabtu, 16 Januari 2021 | 17:20 WIB

(ilustrasi) Akhiri Penjajahan Belanda atas Indonesia, Ini Nama-nama Tokoh yang Wakili Indonesia dalam KMB

Intisari-Online.com - Siapa saja tokoh yang wakili Indonesia dalam KMB, sebuah upaya diplomasi untuk mengakhiri penjajahan Belanda atas Indonesia?

Drs. Moh. Hatta dan Moh. Roem, merupakan dua tokoh yang mewakili Indonesia dalam KMB. Masing-masing sebagai pemimpin dan wakil.

Selain mereka, Delegasi Indonesia terdiri dari beberapa komite yang diketuai oleh Prof. Supomo, Dr. Juanda, Dr. Leimena, dan Dr. Ali Sastroamidjojo.

Namun, delegasi ini bersifat "one man delegation" dengan arahan Hatta.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste: Pernah Merdeka 2 Kali! Sebelum Lepas dari Indonesia Ini Fakta Deklarasi Kemerdekaan Timor Timur atas Portugal

Selain delegasi Indonesia, beberapa delegasi yang menghadiri KMB yaitu Delegasi Federalis/Bijeenkomst voor Federaal Overleg (BFO) yaitu komite yang didirikan oleh Belanda untuk mengelola Republik Indonesia Serikat (RIS).

Delegasi tersebut dipimpin oleh Sultan Hamid yang merupakan putra sulung dari sultan ke-6 Pontianak.

Perdana Menteri Belanda saat itu, Dr Drees, menjadi Ketua KMB, dan Ketua Delegasi Belanda adalah Mr Van Maarseveen (Menteri Wilayah Seberang Laut), serta dihadiri oleh peninjau dari Persatuan Bangsa- Bangsa (PBB).

Konferensi Meja Bundar atau KMB merupakan upaya diplomasi yang berhasil mengakhiri sengkete kedaulatan Indonesia-Belanda.