Find Us On Social Media :

Konflik Berkepanjangan Antara Dua Negara, Perang China – India 1962 Terkait Isu Tibet dan Sengketa Teritorial Hingga China Membuat Pos Militer di Ketinggian

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 6 Januari 2021 | 12:00 WIB

 

Intisari-Online.com – Pada 20 Oktober 1962 pecah perang antara China dengan India, yang terjadi di perbatasan kedua negara.

Perang berkepanjangan, bahkan hingga saat ini, antara kedua negara tersebut dipicu oleh sengketa teritorial dan juga terkait isu Tibet yang semakin memanas.

Pada saat itu, perang berlangsung singkat dan dimenangkan oleh China.

China menuding India mencoba menentang kekuasaannya atas Tibet, sedangkan India menuduh China berupaya untuk menekan otonomi Tibet.

Baca Juga: Berjarak 3780 KM dan Nyaris Tak Punya Kepentingan Apapun, Kapal Perang India Petantang-petenteng di Laut China Selatan, Masih Dendam dengan Tiongkok?

Kondisi menjadi pelik setelah keberadaan Dalai Lama, pemimpin Tibet, yang pada saat itu berlindung di Dharamsala, India. China merasa keberadaan Dalai Lama di India sama dengan ancaman terhadap kekuasaan mereka atas Tibet.

Sementara itu, India menganggap hal ini sebagai penolakan China untuk memberikan otonomi penuh kepada Tibet.

Selain faktor Tibet, konflik juga dipicu klaim kedua negara atas wilayah teritorial mereka.

China terus mengklaim negara bagian India, Arunachal Pradesh sebagai wilayahnya.

Baca Juga: Ramalannya Terus Akurat Mulai dari Terjadinya Covid-19 hingga Perang China-India, Bocah India yang Dijuluki 'Nabi' Ini Ramalkan Hal Besar Ini Akan Terjadi Tahun 2021