Find Us On Social Media :

‘Kami Bangun Ini dengan Sekop dan Kapak, dan dengan Nyawa Akan Mempertahankannya’ Inilah Pos Militer China yang Letaknya di Ketinggian Paling Tinggi di Tibet

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 6 Januari 2021 | 09:30 WIB

 

Intisari-Online.com – Seperti pernah diberitakan, China dan India memiliki sejarah panjang yang menyangkut konflik perbatasan.

Sengketa perbatasan pertama kali berkobar saat kunjungan perdana menteri pertama India, Jawaharlal Nehru, ke Beijing, pada tahun 1959.

Melansir dari kompas.com (17/6/2020), India mengatakan 20 tentaranya terbunuh setelah bentrokan hebat dengan pasukan China sehari sebelumnya di Lembah Galwan.

Baca Juga: Terkuak Sudah Rencana China Jor-Joran Bangun Kekuatan Militer Besar di Tahun Ini, Berikut Bocoran Sederet Senjata Militer China yang Akan Dibuat Tahun 2021

Bentrokan itu terjadi setelah berminggu-minggu ketegangan tingkat rendah setelah beberapa tentara India dan China cedera dalam pertempuran dengan intensitas tinggi di perbatasan di negara bagian Sikkim pada awal Mei.

Untuk pertama kalinya, pos militer China yang terletak di ketinggian tertinggi di Daerah Otonomi Tibet diungkapkan kepada publik oleh China Central Television (CCTV).

Untuk meningkatkan manajemen perbatasan, Komando Militer Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) Tibet mendirikan pos di Xigaze pada awal 2020 di ketinggian 5.592 meter di atas permukaan laut, menurut CCTV.

Baca Juga: Musuh Datang Satu per Satu hingga Makin Terpojok, Militer China Siapkan Jet Tempur Baru, Intip Betapa Sangarnya Senjata Ini yang Buat Amerika Langsung Waspada