Find Us On Social Media :

Di Negara Ini, Menyebut Kata 'Indomie' Bisa Diartikan Tawaran untuk 'Berhubungan', Bahkan Meroketnya Angka Kehamilan Remaja Dipicu Olehnya

By Ade S, Minggu, 27 Desember 2020 | 19:25 WIB

Indomie jadi alat transaksi seks di Ghana

 

Intisari-Online.com - Ketenaran Indomie di Benua Hitam kini tidak hanya soal berita positif. Hal ini dipicu oleh temuan bahwa produk mi instan tersebut sering jadi alat transaksi seks.

Fakta ini terungkap dalam dialog nasional tentang kekerasan seksual dan berbasis gender dalam pandemi COVID-19: Prevalensi, driver, dan konferensi tindakan respons yang berlangsung di Ghana.

Dalam dialog yang diadakan oleh STAR-Ghana Foundation, Bashiratu Kamal salah seorang pembicara yang merupakan pakar gender dan ketenagakerjaan menyebut Indomie menjadi salah satu 'alat' yang kerap digunakan untuk ditukarkan dengan hubungan intim.

Bersama pulsa dan uang, Indomie bahkan disebut sebagai salah satu pemicu dari tingginya angka kehamilan di Ghana.

Baca Juga: Warganet Bingungkan Foto Bumbu Indomie Goreng ada 2 Macam, Indofood: 'Orang Jawa Lebih Suka Cabe Bentuk Saus'

Semuanya ini berawal dari tingkat kemiskinan yang sangat tinggi di Ghana, terutama sekarang selama pandemi Covid-19.

Kondisi ini kemudian mendorong gadis-gadis muda untuk melakukan hubungan transaksional di mana pria akan menjanjikan mereka barang sebagai imbalan.

Barang-barang tersebut termasuk Indomie, pulsa dan uang ponsel.

Selama penilaian, Bashiratu menyatakan bahwa, "Dalam beberapa kasus, ada masalah 'seks transaksional', di mana beberapa orang tua juga mendorong anak-anak mereka untuk ikut serta, sehingga mereka bisa mendapatkan cukup uang untuk menghidupi diri sendiri."

Baca Juga: Disebut Ramen Terenak, Begini Sejarah Indomie, Omzet Penjualan Hampir Rp1 Triliun pada Tahun 1990