Find Us On Social Media :

Salah Satunya Milik Negara Terkorup, Inilah Militer Paling Miskin di Dunia, Tak Satupun Pesawat Tempur Dimilikinya

By Khaerunisa, Minggu, 27 Desember 2020 | 06:15 WIB

Bendera Somalia. Ilustrasi militer paling miskin di dunia.

Intisari-Online.com - Militer paling miskin di dunia kemungkinan besar akan sulit melakukan peningkatan kekuatan militer.

Bagaimanapun, anggaran belanja pertahanan merupakan salah satu hal yang penting bagi pengelolaan militer suatu negara, termasuk untuk pembaruan atau sekedar perawatan peralatan tempurnya.

Salah satu militer paling miskin di dunia, yaitu Somalia, bahkan tidak memiliki satupun pesawat tempur.

Menurut data Global Firepower, Somalia yang diperkirakan hanya punya anggaran belanja pertahanan tahun 2020 sebesar $ 62,2 juta itu tidak mencatatkan satu pun armada tempur di sektor udara.

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Militer Turki dan Prancis, Sekutu yang Justru Jalin Ketegangan, Prancis Masuk 10 Besar Terkuat, Turki Nomer Berapa?

Di sektor darat, militer yang menempati peringkat ke-9 paling miskin di dunia tersebut hanya punya 10 tank, 100 kendaraan lapis baja, 30 artileri derek, dan 10 roket yang mendukung angkatan daratnya.

Sementara di sektor laut, militer negara ini hanya memiliki 11 kapal patroli.

Somalia sendiri dinilai sebagai negara terkorup di dunia menurut Transparency International.

Dengan skor transparansi hanya di angka 9, Somalia menjadi negara terkorup dari 180 negara, tidak ada negara dalam daftar tersebut yang skornya lebih rendah dari negara ini.