Find Us On Social Media :

Kaiser, Tsar, dan Raja George V, Mereka Adalah Sepupu yang Berperang pada Perang Dunia Pertama, Bagaimana Asal-usul Mereka?

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 20 Desember 2020 | 06:00 WIB

King George V dan Tsar Nicolas ternyata sepupuan.

Intisari-Online.com – Kadang-kadang kita baru mengetahui ternyata memiliki ikatan kekerabatan dengan seseorang padahal kerap kali kita bertemu dengannya.

Anda mungkin melihat kaitan yang mengejutkan antara cabang-cabang pohon yang berjauhan, dan mempelajari cara-cara yang tidak terduga bahwa individu, mungkin dari latar belakang yang berbeda dan tinggal di negara yang berbeda, memiliki garis keturunan yang sama.

Untuk contoh dramatis dari jenis kisah mengejutkan yang dapat diceritakan silsilah keluarga, lihat saja Keluarga Kerajaan, dan konstelasi aneh hubungan di balik Perang Dunia Pertama.

Inggris mungkin terseret dalam semangat jingoistik melawan Jerman, dengan Rudyard Kipling memperingatkan bahwa 'Hun ada di gerbang', tetapi yang sering dilupakan adalah bahwa raja Inggris pada saat itu, George V, adalah sepupu pertama Kaiser Wilhelm Jerman II, keduanya adalah cucu Ratu Victoria.

Baca Juga: K-Wagen, Tank Raksasa Jerman yang Tak Pernah Sampai ke Medan Perang

Ayah George V, Edward VII, adalah putra tertua Victoria.

Dia menjadi raja setelah ibunya meninggal pada tahun 1901, hanya memerintah selama sembilan tahun sampai dia sendiri meninggal pada tahun 1910 ketika George V mengambil alih.

Ngomong-ngomong, ibu George adalah Alexandra dari Denmark, fakta signifikan yang akan kita bahas sebentar lagi.

Sementara itu, German Kaiser adalah cucu Ratu Victoria melalui putri Victoria, juga bernama Victoria, yang menikah dengan Frederick III dari Jerman.

Baca Juga: Kisah Wanita Kulit Hitam yang Miliki Peran Penting di Perang Dunia, Namun ‘Dihapus’ dari Sejarah, Sayangnya Mereka Harus Melakukan Ini Karena Putus Asa