Find Us On Social Media :

Diimpit Konflik China-India, Namun Berstatus Negara dengan Militer Terlemah di Dunia, Bhutan Jalin Hubungan Diplomatik dengan Israel

By Ade S, Minggu, 13 Desember 2020 | 06:53 WIB

Bhutan Jalin Hubungan Diplomatik dengan Israel

Intisari-Online.com - Dikenal sebagai negara dengan militer terlemah di dunia, Bhutan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Beberapa pihak menduga hal ini didorong oleh konflik China-India yang mengimpit negara tersebut.

Negara mayoritas Buddha yang bertetangga dengan India ini sendiri tampaknya akan terus memperluas hubungan diplomatiknya secara internasional.

Kesepakatan Israel dengan negara Himalaya tersebut tampaknya tidak terkait dengan hubungan yang berkembang di bawah perjanjian yang disponsori AS dengan negara-negara Arab dan Muslim.

Baca Juga: Bak Telan Ludah Sendiri, Maroko Mendadak Sepakat Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel, Rupanya Ini yang Akan Didapatkan Maroko

Namun, para pejabat Israel berusaha untuk menggambarkannya sebagai bukti penerimaannya yang semakin meningkat di luar negeri.

Perjanjian tersebut menyusul beberapa tahun kontak rahasia antara Israel dan Bhutan dengan tujuan membangun hubungan, kata kementerian luar negeri Israel dalam sebuah pernyataan.

"Lingkaran pengakuan Israel tumbuh dan berkembang," kata Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi seperti dilansir Reuters.

“Pembentukan hubungan antara kami dan Kerajaan Bhutan akan menjadi tonggak penting dalam memperdalam hubungan Israel di Asia.”

Baca Juga: Dikenal Sebagai Kelompok Mata-Mata Berbahaya, Terbongkar Inilah Ribuan 'Dosa' Mossad Israel, Termasuk Lakukan Pembunuhan Pada Orang-Orang Tak Bersalah