Find Us On Social Media :

Kapal Karam di Lepas Pantai Norwegia Itu Dikonfirmasi Sebagai Kapal Perang Jerman yang Telah Lama Hilang

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 12 Desember 2020 | 15:10 WIB

Pemindaian sonar Karlsruhe di lepas pantai Norwegia. Baru setelah melihat senjatanya, para penyelidik menyadari bahwa itu adalah kapal perang.

Intisari-Online.com – Kapal karam di lepas pantai Norwegia itu dikonfirmasi sebagai kapal perang Jerman yang telah lama hilang.

Kapal itu dihantam oleh artileri Norwegia dan ditorpedo oleh kapal selam Inggris sebelum akhirnya ditenggelamkan oleh kaptennya sendiri.

Tapi sekarang, bangkai kapal penjelajah ringan Jerman Karlsruhe yang telah lama hilang telah diidentifikasi di lepas pantai Norwegia.

Kapal itu pertama kali ditemukan tiga tahun lalu, 24 km dari Kristiansand di selatan negara itu.

Baca Juga: Kapal Perang Rusia ‘Mengancam Akan Menabrak’ Kapal Perusak AS, Ini yang Kemudian Dilakukan oleh Amerika

Itu ditemukan oleh Statnett, perusahaan listrik milik negara Norwegia, selama inspeksi infrastruktur yang mengalir di bawah air ke Denmark.

Musim panas ini, Statnett meluncurkan penyelidikan.

Dari kapal survei Olympic Taurus, sebuah Remotely Operated Vehicle (ROV) diluncurkan, yang alat pengeras suara gema multi-beam menemukan dan memotret bangkai kapal.

Karlsruhe memimpin serangan Jerman ke Kristiansand selama Operasi Weserübung pada 9 April 1940, sebagai bagian dari invasi Nazi ke Norwegia.

Baca Juga: Ancang-ancang dari Serangan Negeri Kim Jong-un, Begini Kelanjutan Proses Pembuatan Kapal Aegis Jepang Penangkal rudal Korea Utara