Find Us On Social Media :

Ancang-ancang dari Serangan Negeri Kim Jong-un, Begini Kelanjutan Proses Pembuatan Kapal Aegis Jepang Penangkal rudal Korea Utara

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 30 November 2020 | 15:57 WIB

Ilustrasi militer Jepang

Intisari-Online.com - Kabinet Jepang segera menyiapkan persetujuan terkait rencana pembuatan dua kapal Aegis baru, yang kelak menjadi tameng untuk ancaman rudal Korea Utara.

Harapannya, kapal Aegis yang dirancang untuk melawan anaman rudal Korea Utara ini bisa disetujui pada pertengahan Desember nanti.

Sehingga, biayanya bisa diatur dalam anggaran fiskal 2021 yang juga akan disusun akhir tahun nanti.

Pada Juni lalu, Jepang membatalkan rencana untuk menggunakan sistem Aegis Ashore yang dikembangkan Amerika Serikat (AS) di wilayah Timur Laut dan Barat Jepang karena masalah teknis, pembengkakan biaya, serta penolakan publik.

Baca Juga: Terjang Perbedaan Usia yang Hampir Capai 43 Tahun Demi Kekayaan 'Dadakan' Kakek Tua Ini, Bukan Kekayaan yang Didapat Malah Pahit yang Diembat, Ini Sebabnya

Setelah mendapat penolakan, Pemerintah Jepang, yang saat itu masih dipimpin Shinzo Abe, merilik dua opsi lain.

Yakni, memasangkan sistem Aegis ke kapal buatan swasta dan di struktur lepas pantai yang mirip dengan rig minyak.

Dikutip dari Kyodo, Kementerian Pertahanan Jepang telah mendorong pembangunan kapal Aegis, dan pembuat kebijakan pertahanan dari Partai Demokrat Liberal yang berkuasa memberikan dukungan rencana tersebut pekan lalu.

Kapal Aegis baru yang akan dibuat nantinya meningkatkan jumlah kapal perang dari Angkatan Laut Pasukan Bela Diri menjadi 10 unit.

Baca Juga: PBB Sampai Angkat Tangan, Usai Merdeka dari Indonesia Banyak Rakyat Timor Leste Main Bunuh-Bunuhan Gara-Gara 'Ilmu Sihir', Banyak Rakyat Timor Leste Dituduh Gunakan Santet Untuk Hal Ini