Find Us On Social Media :

Bukti Arkeologis Mengungkap Bahwa Orang-orang dalam Bibel Israel 3.000 Tahun yang Lalu Sudah Menderita Polusi Timbal, Kok Bisa?

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 24 November 2020 | 13:33 WIB

Orang-orang dalam Bibel Israel 3.000 Tahun yang Lalu Menderita Polusi Timbal

Intisari-Online.com - Meskipun perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia adalah fenomena modern, kita ternyata telah meracuni lingkungan dan diri kita sendiri selama ribuan tahun.

Sudah 3.000 tahun yang lalu sejumlah besar penduduk kota di seluruh Levant mengalami peningkatan kadar timbal dalam tubuh mereka, sebuah penelitian baru menunjukkan.

Analisis gigi yang ditemukan dalam penguburan di situs perkotaan di seluruh Israel menjelaskan bahwa hampir sepertiga dari sampel individu telah terpapar logam berat beracun selama masa kanak-kanak, bahkan mungkin saat masih dalam kandungan, lapor tim ahli geologi dan arkeolog Israel.

Kontaminasi itu mungkin terkait dengan booming perdagangan logam Mediterania selama Zaman Besi dan meningkatnya kehadiran bengkel metalurgi di pusat kota di seluruh Levant, para peneliti melaporkan bulan ini di Journal of Archaeological Science.

Baca Juga: Tidak Terima dengan Kebebasan China Menangkap Ikan di Laut China Selatan, Amerika Kirim Lagi Kapal Penghancur untuk Hadang Mereka, Indonesia Tambah Berang, 'Kalian Hanya Memancing Kerusuhan'

Untuk lebih jelasnya, tingkat yang terdeteksi pada penduduk era alkitabiah di Tanah Suci tidak akan cukup tinggi untuk memicu efek keracunan timbal yang melumpuhkan, jelas Prof Yigal Erel, ahli geokimia dari Universitas Ibrani di Yerusalem yang mempelopori penelitian tersebut.

Jumlahnya juga tidak seberapa dibandingkan dengan tingkat polusi timbal yang tinggi yang dialami di Kekaisaran Romawi dan di zaman modern, kata Erel kepada Haaretz.

Namun, penelitian tersebut memberi kita indikasi kapan dan bagaimana kita dan lingkungan kita mulai membayar harga untuk kemajuan teknologi, katanya.

Kita adalah apa yang kita makan

Baca Juga: Cuma Minum Air Rendaman Mentimun, Rasakan Manfaat Obat Alami Berbagai Penyakit Ini, dari Turunkan Asam Urat Hingga Kolesterol