Find Us On Social Media :

Ternyata mudah saja bagi Australia Kibuli Timor Leste karena Sudah Tau Seluk-beluknya Dari Dalam, Begini Cara Kerja Mata-mata Australia di Timor Leste Sebelum Skandalnya Terungkap

By Khaerunisa, Sabtu, 21 November 2020 | 20:46 WIB

Ilustrasi peta Timor Leste.

Intisari-Online.com - Merdeka dari para penjajah dan lepas dari Indonesia, Timor Leste justru sempat dikibuli tetangganya sendiri Australia.

Australia ikut mengeruk minyak Timor Leste, sumber daya yang sangat diandalkan negara tersebut untuk menopang perekonomiannya.

Tindakan Australia pun merugikan negara yang hingga saat ini masih menjadi negara termiskin di dunia itu.

Negeri Kanguru bahkan menggunakan cara kotor untuk memperoleh posisi yang menguntungkan dalam negosiasi batas maritim yang mencakup ladang minyak.

Baca Juga: Kini Terkurung Wilayah Indonesia, Tempat Ini Merupakan Saksi Sejarah Timor Leste, Di Sinilah Bangsa Portugis Pertama Menginjakkan Kakinya Menjajah Bumi Lorosae

Sebuah skandal mata-mata Australia baru terungkap bertahun-tahun kemudian.

Menjadi konflik berkepanjangan, skandal tersebut baru selesai pada 2018 lalu.

Bagaimana Australia melancarkan aksi mata-matanya?

Melansir redflag.org.au, dalam artikel James Plested berjudul "Gangsters for capitalism: Downer, Woodside and ‘Witness K’" (15/8/2018) dikatakan pada tahun 2004, Menteri Luar Negeri Alexander Downer memimpin operasi Badan Intelijen Rahasia Australia (ASIS) untuk memasang alat pendengar di kantor-kantor pemerintah Timor Leste.