Find Us On Social Media :

Misteri Senjata Biologis Buatan Korea Utara: 'Mungkin Masih Mengejar Kemampuan Senjata Biologis'

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 21 November 2020 | 19:06 WIB

Kim Jong Un

Intisari-Online.com - Pengumuman Korea Utara bahwa mereka sedang mengembangkan vaksin untuk COVID-19 telah memfokuskan perhatian baru pada program senjata biologis (BW) yang diklaim Pyongyang.

Selama tiga tahun terakhir, tiga berita utama tentang ancaman BW Korea Utara telah diterbitkan di Amerika Serikat, yang terbaru oleh Politico pada Juli 2020.

Laporan ini membahas tentang dua negara dengan kepentingan keamanan terbesar di Semenanjung Korea, Amerika Serikat dan Republik Korea, telah mengatakan secara terbuka tentang masalah ini selama 20 tahun terakhir.

Langkah ini juga sekaligus memeriksa apakah tanggapan kebijakan yang diadopsi oleh kedua pemerintah konsisten dengan kekhawatiran bahwa Korea Utara memiliki program BW lanjutan, seperti yang diklaim oleh laporan media tersebut.

Baca Juga: China Memang Bayangi AS sebagai Militer Paling Kaya di Dunia, Tapi Lihat Bedanya!

Lima tema muncul dari ulasan ini:

Banyak istilah yang digunakan oleh pemerintah AS dalam membahas kemungkinan bahwa Korea Utara dan negara lain sedang mengembangkan atau memiliki senjata biologis sangatlah ambigu.

Hal ini terutama berlaku untuk istilah "program perang biologis", yang telah digunakan AS berulang kali selama beberapa dekade tanpa pernah mendefinisikan apa yang termasuk dalam program semacam itu.

Namun, berdasarkan definisi inspektur Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyelidiki aktivitas BW Irak, mungkin yang paling bisa dikatakan dalam kasus Korea Utara adalah bahwa ia mungkin memiliki atau pernah memiliki program BW.

Baca Juga: Covid Hari Ini 21 November 2020: Ada 493.308 Kasus di Tanah Air, Sekolah Dibuka Lagi Tahun 2021, Tapi Pemerintah Harus Pastikan Hal Ini