Find Us On Social Media :

AJK 2020, Bentuk Apresiasi Kominfo Terhadap Karya-karya Jurnalis di Indonesia

By Nana Triana, Rabu, 18 November 2020 | 21:43 WIB

Acara puncak pengumuman pemenang AJK 2020 di Aula Anantakupa Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (17/11/2020).

Intisari-Online.com - Sebagai bentuk apresiasi kepada karya-karya jurnalis Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar acara Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) Tahun 2020 yang berlangsung di Aula Anantakupa Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (17/11/2020).

Plt Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Ismail mengatakan, kondisi Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini membutuhkan informasi yang akurat, tepat, serta penuh dengan etika dan tata krama.

“Ini menjadi suatu kerinduan bagi kita karena apa? Karena karya jurnalis itu tentu berbeda dengan karya tulisan yang biasa,” tutur Ismail, mewakili Menteri Kominfo Johnny G Plate seperti tertulis dalam rilis resmi yang diterima Intisari Online, Rabu (18/11/2020).

Menurut Ismail, melalui AJK Kominfo 2020, Kementerian Kominfo merasa bersyukur memiliki mitra jurnalis yang hebat, khususnya peserta yang telah mengirimkan karya untuk dilombakan dan diteliti secara ketat oleh dewan juri.

Baca Juga: Lewat Program Titip Bandaku, Dokumen Vital Warga Merapi diubah Menjadi Arsip Digital

Dalam konteks pembangunan nasional, skema pentahelix--kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, pelaku usaha, akademisi, dan media--sangat penting diterapkan. Oleh sebab itu, peran jurnalis sebagai penggerak salah satu pilarnya perlu diapresiasi.  

“Jantung dari media itu adalah para jurnalisnya, independensi, dan akurasi serta bobot karya dari seorang jurnalis sangat menentukan arah dari ke mana tujuan pembangunan nasional ini,” paparnya

Oleh karena itu, menurut Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Kementerian Kominfo, karya jurnalis dalam AJK Kominfo 2020 penting bagi kemajuan bangsa. 

“Kementerian Kominfo juga memberikan apresiasi terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh teman-teman jurnalis yang dilakukan selama ini, dengan melakukan terobosan-terobosan di tengah kesulitan pandemi Covid-19 ini,” imbuhnya. 

Baca Juga: Pemerintah Perkuat Infrastruktur TIK Mulai dari Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Karya Berkualitas

Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers Agus Sudibyo sebagai perwakilan dewan juri mengatakan AJK Kominfo 2020 merupakan program yang sangat mendukung karya jurnalis di Tanah Air.