Find Us On Social Media :

Salah Kaprah Jika Sebut Joe Biden Lebih Baik daripads Trump Untuk China, Calon Menhannya Saja Belum Menjabat Sudah Punya Rencana Tenggelamkan Semua Kapal China di Laut China Selatan

By Afif Khoirul M, Senin, 16 November 2020 | 14:30 WIB

Ilustrasi kapal induk milik Angkatan Laut Amerika Serikat yang bersiap menuju Laut China Selatan.

Intisari-online.com - Selama tahun 2020 Laut China Selatan memang menjadi wilayah yang disoroti dunia.

China gencar menyebarkan klaim atas wilayah Laut China Selatan hingga menimbulkan keresahan akan terjadinya perang.

Amerika Serikat dan negara-negara yang bersengketa berusaha menghentikan militerisasi agresif China di wilayah tersebut.

Para ahli politik menyatakan kekhawatirannya akan potensi meletusnya Perang Dunia III, setelah calon potensial Pimpinan Pentagon dari tim Joe Biden mengklaim AS harus dapat "menenggelamkan semua" kapal China dalam 72 jam untuk meningkatkan pencegahan.

Baca Juga: Tak Kalah Moncer, Sniper Indonesia Masuk Jajaran 7 Sniper Terbaik Dunia, Berhasil Tembak Mati 41 anggota 'Krebo Hutan' Fretilin di Timor Timur

Express.co.uk memberitakan, Michele Flournoy, sebelumnya seorang wakil menteri pertahanan dalam pemerintahan Obama, telah diangkat sebagai calon Menteri Pertahanan di bawah Presiden AS terpilih Joe Biden.

Namun, Flournoy sebelumnya menyarankan pasukan Amerika harus ditempatkan di Laut China Selatan untuk meningkatkan pencegahan.

Perairan yang diperebutkan itu telah menjadi pusat keterlibatan AS di Indo-Pasifik, dengan staf senior Presiden Donald Trump dan pejabat China memperdebatkan klaim "kedaulatan" di laut.

Dalam tulisannya di jurnal Foreign Affairs awal tahun ini, Flournoy menyerukan peningkatan kehadiran angkatan laut Amerika di Laut Cina Selatan.

Baca Juga: 3 Dekade Duduk Nyaman, Iran Kini Menjelma Jadi Pencundang Sejati Setelah Azerbaijan Berhasil Rebut Nagorno-Karabakh dari Armenia