Find Us On Social Media :

Menangi Pertempuran di Nagorno-Karabakh, Azerbaijan Catat Rekor Ciamik yang Belum Tentu Terulang Kembali dalam Sejarah Perang Manusia

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 16 November 2020 | 15:47 WIB

Ilustrasi

Intisari-Online.com - Minggu (8/11/2020) Azerbaijan berhasil merebut Shusha, kota penting di Nagorno-Karabakh, dan dua hari kemudian Baku mengatakan Armenia menyerah.

Turki sebagai sekutu Azerbaijan pun mengklaim telah memenangkan keuntungan signifikan, usai disepakatinya gencatan senjata total antara Azerbaijan dengan Armenia pada Selasa (10/11/2020) yang efektif sejak dini hari.

Gencatan senjata total yang ditengahi Rusia itu membuat perang di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh yang telah berlangsung selama 6 pekan berakhir sementara.

Dilansir dari Asia Times pada Senin (26/10/2020), momentum kemenangan Azerbaijan didapat beberapa jam setelah gencatan senjata yang ditengahi AS gagal.

Baca Juga: Hartanya Konon Tembus Rp74 Triliun Tapi Tak Pernah Diketahui Bisnisnya, Siapa Sangka Pabrik Uang Kim Jong-Un Diduda Berasal dari Bisnis Haram Ini

Saat itu Azerbaijan memiliki beberapa opsi.

Mereka sudah maju sampai medan terbuka di sepanjang perbatasan Iran, dan bisa dengan cepat mendekati koridor Lachin yang strategis.

Masalahnya, pasukan Azerbaijan mulai kewalahan dan para prajurit Karabakh telah mundur ke dataran tinggi berhutan.

Pilihannya saat itu adalah mengikuti logika militer atau memilih berdiplomasi dengan keuntungan politik yang besar.

Baca Juga: Identitasnya Tak Tercatat oleh Negara, Namun Kehebatannya Konon Melebihi Kopassus, Ini Pasukan Rahasia Indonesia yang Konon Lindungi Bung Karno, Belanda Sampai Ketakutan