Find Us On Social Media :

Identitasnya Tak Tercatat oleh Negara, Namun Kehebatannya Konon Melebihi Kopassus, Ini Pasukan Rahasia Indonesia yang Konon Lindungi Bung Karno, Belanda Sampai Ketakutan

By Tatik Ariyani, Senin, 16 November 2020 | 15:23 WIB

Den Harin.

Intisari-Online.com - Dulu, Belanda ingin menguasai Indonesia dan menjadikan Makassar sebagai ibukota Negara Indonesia Timur.

Melihat hal ini, para pejuang kemerdekaan di Makassar pun kemudian membentuk pasukan perlawanan demi melawan pasukan Belanda.

Pasukan perlawanan yang saat itu berhasil dibentuk untuk mempertahankan kemerdekaan RI adalah Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (Lapris).

Salah satu pejuang Lapris yang kemudian gugur dan menjadi pahlawan nasional adalah Robert Wolter Mongisidi.

Baca Juga: Tahun 2020 Akan Berakhir, Tapi Puluhan Negara Malah DIterjang Gelombang ke-2 dan ke-3 Virus Corona, Sudah 11 Negara Tembus 1 Juta Kasus Positif, Bagaimana Perkembangan Vaksin?

Karena perlawanan pasukan Lapris selalu berhasil dipukul mundur oleh pasukan Belanda, kekuatannya menjadi terpecah-pecah.

Pada serangan militer Belanda yang dilancarkan pada 8 Agustus 1946, kubu pasukan Lapris yang berada di Gunung Ranaya berhasil dihancurkan dan para pejuang Lapris pun memilih turun gunung.

Mereka kemudian melanjutkan perlawanan melalui taktik peperangan secara gerilya.

Salah satu personel yang terus bertempur secara gerilya adalah Maulwi Saelan, yang kelak menjadi pengawal pribadi Presiden Soekarno.

Baca Juga: Tetap Harus ke Kantor Selama Pandemi? Begini Cara Sederhana Cegah Penyebaran Covid-19 di Tempat Kerja, Yuk Praktikkan!