Find Us On Social Media :

Bergerak Senyap di Tengah Hiruk Pikuk Jalanan Iran, Agen Israel Habisi 'Al-Qaeda Number 2' Bersama Putrinya, Atas Perintah AS

By Ade S, Sabtu, 14 November 2020 | 18:49 WIB

Bergerak Senyap di Tengah Hiruk Pikuk Jalanan Iran, Agen Israel Habisi 'Al-Qaeda Number 2' Bersama Putrinya, Atas Perintah AS

Intisari-Online.com - Agen Israel, atas perintah Amerika Serikat, membunuh Abdullah Ahmed Abdullah yang dikenal sebagai orang nomor dua Al-Qaeda.

Prai yang memiliki nama samaran Abu Muhammad al-Masri tersebut dihabisi di jalanan Iran bersama dengan putrinya.

Al-Masri adalah orang yang dituduh membantu mendalangi tragedi pemboman di dua kedutaan Amerika Serikat di Afrika pada 1998.

Menurut laporan New York Times pada Jumat (13/11/2020), yang mengutip dari pejabat intelijen, bahwa Al-Masri dibunuh di Iran melalui operasi Israel yang bertindak atas pemerintah AS.

Baca Juga: Disebut Jadi Penerus Kelompok Terorisme, Orang Terkuat ke-2 di Al-Qaeda Ditembak Mati oleh Tentara Israel, 'Itu Atas Suruhan Amerika Serikat'

Ia ditembak mati oleh dua pria dengan sepeda motor di jalan-jalan Teheran pada 7 Agustus, kata laporan dari New York Times.

Sebelum Al-Masri tewas, ia telah digadang-gadang menjadi penerus pemimpin al-Qaeda saat ini, Ayman al-Zawahiri, yang dirahasiakan keberadaannya hingg saat ini.

Melansir Reuters pada Sabtu (14/11/2020), alasan AS melakukan pembunuhan itu belum jelas, jika memang ada, peran yang dimiliki Amerika Serikat dalam pembunuhan militan kelahiran Mesir itu, kata New York Times.

Otoritas AS telah melacak Masri dan pelaku Al-Qaeda lainnya di Iran selama bertahun-tahun, katanya.

Baca Juga: Satu-satunya di Dunia, Jet Tempur F-35 Milik Israel Memang Beda, Rupanya Ini Keistimewaan yang Tak Dimiliki F-35 Negara Lain