Find Us On Social Media :

SAS Inggris Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Operasi Penyelamatan Sandera di Sierra Leone Ini Salah Satu Buktinya, Ternyata Mereka Mengagumi Kopassus

By Khaerunisa, Jumat, 13 November 2020 | 17:31 WIB

(ilustrasi) SAS Inggris, salah satu pasukan khusus terbaik di dunia

Intisari-Online.com - Selain merupakan salah satu yang tertua, SAS Inggris juga merupakan pasukan khusus terbaik di dunia.

Pasukan khusus yang memiliki slogan "Who Dares Wins" tergambar di lambangnya ini telah terjun dalam berbagai operasi.

Kehebatan SAS Inggris salah satunya ditunjukkan dalam operasi penyelamatan pasukan UNAMSIL.

Pada bulan Agustus tahun 2000 satu regu pasukan Inggris yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB (UNAMSIL) di Sierra Leone, Afrika Barat, ditawan dan disandera oleh kelompok milisi bersenjata yang dikenal dengan West Side Boys.

Baca Juga: Inilah Joint Task Force 2, Pasukan Khusus Terbaik di Dunia yang Terkenal Hebat Tapi Selalu Kalah Pamor dari Satuan Khusus AS

Regu pasukan Inggris yang terdiri atas lima personel itu kemudian dibawa masuk ke tengah hutan tempat para milisi West Side Boys bermarkas.

Mereka ditawan dalam sebuah bangunan, dijaga ketat, dan diancam akan ditembak mati jika pemerintah Inggris tidak segera membayar uang tebusan.

Mujur utusan pasukan UNAMSIL masih bisa melakukan negosiasi dan bertemu dengan kelima sandera.

Salah satu sandera bahkan secara diam-diam bisa memberikan secarik kertas yang ditaruh dalam tutup pulpen dan berisi gambaran tentang situasi markas milisi dan bangunan tempat mereka ditawan.