Find Us On Social Media :

Xi Jinping Titahkan untuk Menghentikan IPO Ant, Seorang Miliarder Terkenal Lancarkan Serangan Publik ke Bank Negara?

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 13 November 2020 | 09:08 WIB

Presiden China Xi Jinping - China dikabarkan akan menyerbu Taiwan pada 3 November 2020.

Intisari-Online.com - Laporan Wall Street Journal (WSJ) menunjukkan, Presiden China Xi Jinping secara pribadi memutuskan untuk menghentikan penawaran umum perdana Ant Group senilai US$ 37 miliar pada hari Kamis (12/11/2020).

WSJ mengutip pejabat China yang mengetahui masalah tersebut.

Melansir Reuters, keputusan untuk menghentikan apa yang akan menjadi IPO terbesar di dunia, terjadi beberapa hari setelah miliarder raksasa fintech pendiri Jack Ma melancarkan serangan publik terhadap pengawas keuangan dan bank negara.

Presiden Xi memerintahkan regulator China untuk menyelidiki dan secara efektif menutup flotasi pasar saham Ant, demikian bunyi laporan WSJ.

Baca Juga: Wah Ada yang Baru! Penasaran dengan 6 Fitur Baru WhatsApp Ini? Simak Cara Menggunakannya?

Ant Group tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters.

Kantor Informasi Dewan Negara, kabinet China, tidak dapat dihubungi untuk memberikan penyataan.

Ma telah mengatakan pada pertemuan puncak di Shanghai pada 24 Oktober bahwa sistem peraturan di China menghambat inovasi dan harus direformasi untuk mendorong pertumbuhan.

Awal bulan ini, Reuters melaporkan bahwa pidato tersebut memicu serangkaian peristiwa yang merusak rencana pencatatan saham Ant.

Baca Juga: Selama Ini Sebut Tak Butuh Bantuan China, Tiba-tiba Negara Tetangga Indonesia Ini Tawarkan Tandatangani Perjanjian Perdagangan yang Didukung China Ini, Apa yang Terjadi?