Find Us On Social Media :

Ternyata Ini Penyebab Utang Indonesia Tahun Ini Bisa Diwariskan Ke Presiden Berikutnya Meskipun Tiap Tahun Memang Selalu Meningkat

By Maymunah Nasution, Jumat, 6 November 2020 | 11:08 WIB

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

Intisari-online.com - Tidak dipungkiri, pemerintah sudah lakukan segala cara untuk menggenjot perekonomian Indonesia tahun ini, meskipun terdampak pandemi Covid-19.

Banyak bantuan dan insentif dari pemerintah diberikan kepada rakyat setiap bulannya.

Namun uang sebanyak itu tentunya tidak jatuh dari langit begitu saja.

Ada pengorbanan yang harus dilakukan oleh negara dan pemerintah.

Baca Juga: Bagai Jatuh dalam Jerat Utang Renterir, Negara Kecil Ini Sampai Serahkan 95 Persen Pendapatan Negara Hanya Untuk Bayar Utang ke China, Sungguh Miris!

Salah satunya adalah penambahan utang negara.

Ketua Dewan Pengurus Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Didik Rachbini mengatakan nilai utang Indonesia mencapai Rp 1.530 triliun.

Jumlah tersebut sangat besar sampai ekonom senior tersebut memprediksi bahwa presiden dan pemerintahan berikutnya akan memiliki warisan utang dari pemerintahan saat ini.

"Utang ini sangat besar, di mana di masa mendatang akan menjadi warisan ke anak cucu kita, ke presiden berikutnya," kata Didik dalam Seminar Online Evaluasi bidang Politik dan Ekonomi yang diselenggarakan LP3ES dan Universitas Trunojoyo Madura, Kamis (5/11/2020).

Baca Juga: Sri Mulyani Singgung Utang Warisan Kolonial, Ternyata Jumlahnya Setara 7 Kali Dana Vaksin Indonesia, Belum Tektek Bengeknya