Find Us On Social Media :

Beda Cara China dan Amerika dalam Dekati Indonesia, Ternyata Amerika Dianggap Lebih Suka Pakai Otot, Sementara China Lebih Halus Menggunakan Otak

By Afif Khoirul M, Selasa, 3 November 2020 | 11:47 WIB

Foto tangkapan layar Donald Trump dan Xi Jinping berjabat tangan.

Intisari-online.com - Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara dan lokasinya dekat dengan Laut China Selatan, Indonesia dipandang sebagai mitra penting.

Baik Amerika dan China kedua negara ini telah mendekati China, untuk mendapatkan hubungan sebagai mitra dan sekutu.

Namun, Indonesia menegaskan bahwa mereka akan tetap menjadi pihak netral dan tidak akan berpihak pada China dan Amerika.

Sementara itu, belakangan menteri pertahanan Amerika Mike Pompeo juga dikabarkan mengunjungi Indonesia.

Baca Juga: Baru Kemarin Sore Merdeka dari Indonesia, Timor Leste Pernah Nyaris Bubar Gegara Rakyatnya Ngamuk Pada Pemerintah yang Dianggap Tak Becus Urus Kebutuhan Pangan Rakyat Sendiri

Menurut Japantimes, hal itu merupakan kampanye Washington, dalam menentang pembangunan pulau oleh China di Laut China Selatan.

Selain itu, Amerika bertujuan untuk memperluas pengaruhnya di wilayah tersebut, bagian dari persaingan global yang meningkat dilakukan oleh China.

Di sisi lain, China sudah menjadi investor dan mitra dagang terbesar di kawasan tersebut, dan menerima tawaran vaksin dari China.

Amerika sendiri mempunya kepentingan menentang China, militerisasi di Laut China Selatan, yang disengketan dengan Vietnam, Filipina, Brunei, dan Malaysia.

Baca Juga: Sesekali, Coba Deh Masak Nasi dengan Air Mendidih, Anda Pasti Akan Menyukai Hasilnya!