Find Us On Social Media :

Peran Amerika di Balik Kebangkitan China: Amerika Tidak Membuat Apa-apa, Label 'Made in China' di Mana-mana

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 23 Oktober 2020 | 12:16 WIB

Made in China

Intisari-Online.com - Pandemi virus corona tampaknya memperkuat gagasan bahwa China akan menggantikan Amerika Serikat sebagai negara adidaya ekonomi utama dunia.

Haruskah kita mengharapkan hal lain?

Bagaimanapun, menurut kebijaksanaan konvensional, orang China membuat segalanya; Orang Amerika hanya mengemas barang-barang itu ke dalam kotak Amazon.

Beijing memainkan permainan panjang; kami tidak dapat berpikir di luar pemilu berikutnya atau laporan pendapatan kuartalan.

Baca Juga: Gegara Ulahnya Sendiri, China Bisa Dikeroyok AS, Jepang, Australia, India dan Memantik Kemarahan Dunia, Hajar dari Segala Arah?

China menindak keras untuk bergulat dengan virus corona dan sekarang tampaknya membaik; AS masih merana, karena jumlah korban tewas meningkat dan protes anti-rasisme mencengkeram negara itu.

Mungkin tidak: Dengan China, segala sesuatunya tidak selalu seperti yang terlihat.

Banyak kekuatan China yang tampak — termasuk pendidikan, manufaktur, dan teknologi — tidak sekuat yang diyakini banyak orang Amerika.

Dan juga tidak ada peluang China untuk melampaui AS, sesuatu yang harus diingat oleh pembuat kebijakan dan pakar di Washington karena mereka mengkhawatirkan kekuatan Beijing yang seolah-olah tumbuh.

Baca Juga: Namanya Hampir Tak Dikenal, Negara Kecil yang Terletak Dekat Indonesia Ini Mendadak Serahkan Diri Untuk Dijadikan Pangkalan Militer AS, Gara-gara Ketakutan dengan China?