Find Us On Social Media :

Timor Leste Disebut Bakal Dimanfaatkan China, Ternyata Bikin Ramos Horta Geram, Mencak-Mencak Sebut Wartawan Halu, Hingga Terbitkan Tulisan Resmi Berbunyi Begini!

By Afif Khoirul M, Rabu, 21 Oktober 2020 | 16:51 WIB

Presiden Ramos Horta berkunjung ke Israel.

Intisari-online.com - Seperti yang kita ketahui, Timor Leste adalah negara yang sedang dalam proses pembangunan besar-besaran.

Untuk mencapai ke arah negara yang maju, pembangunan infrastruktur diperlukan oleh negara yang merdeka dari Indonesia itu.

Salah satu investor terbesar Timor Leste adalah China dan Australia.

Namun, banyak jurnalis di seluruh dunia mengkhawatirkan perkembangan hubungan antara China di Timor Leste.

Baca Juga: Viral 'Perwira Polisi' Disebut Menyamar Jadi Mahasiwa Kena Hantam Temannya Sendiri saat Demo, Ini Tanggapan Polri

Karena seperti diketahui, China sering mentargetkan negara kecil untuk proyek pembangunan Belt And Road Initiative (BRI), dengan menerapkan diplomasi jebakan utang.

Timor Leste disebut-sebut sebagai salah satu negara yang berpotensi jatuh ke dalam jebakan utang China.

Namun, negara kecil itu ternyata sempat marah ketika negara disangkutkan dalam hubungan yang mengkhawatirkan dengan China.

Seperti dikutip dari Global Times, mantan Presiden Timor Lest Ramos Horta bahkan pernah menulis pernyataan resmi karena geram dengan prediksi tersebut.

 Baca Juga: 3,5 Abad Jajah Indonesia, Belanda Mengaku Akan Ganti Rugi Rp8,6 juta pada Anak yang Ayahnya Dieksekusi Belanda, Tapi Ini Syaratnya