Find Us On Social Media :

Padahal Banyak Negara Ogah Dijadikan Pangkalan Militer Angkatan Laut China, Timor Leste Malah Persilahkan Armada Angkatan Laut China Untuk Berlabuh di Negerinya

By Afif Khoirul M, Senin, 19 Oktober 2020 | 18:59 WIB

Ilustrasi Angkatan Laut China

Intisari-online.com - Selama beberapa tahun terakhir, China memang getol melakukan aksi pembangunan kekuatan militer lintas benua.

Salah satunya menjadikan Laut China Selatan sebagai basis militer laut miliknya meski dengan cara ilegal.

Tak hanya itu beberapa negara kecil juga ditawari untuk dijadikan pangkalan militer China, bahkan beberapa waktu lalu sempat heboh Indonesia juga dibidik untuk dibangun pangkalan militer China.

Meski banyak negara yang menolak jika dijadikan basis pangkalan militer China, ternyata Timor Leste bersikap sebaliknya, persilahkan angkatan Laut China untuk berlabuh di negaranya.

Baca Juga: Pernah Meledak Jadi Pertarungan Penuh Pentungan, Batu, dan Tinju, Kini di Tengah Kebuntuan Perbatasan, Militer India Tangkap Tentara China, Ada Apa?

Tahun 2014 Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Timor Leste Xanana Gusmao menyatakan pihaknya terbuka bagi kehadiran armada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China di wilayahnya.

”Saya ditanya hal yang sama saat berada di Australia. Kami terbuka dan sebagai negara kecil tentu menyambut baik pihak-pihak yang bersahabat,” kata Xanana di Kementerian Pertahanan, Jakarta, 2014 silam.

Xanana sebelumnya ditanya soal kesiapan Timor Leste membuka pangkalan bagi armada China atau fasilitas logistik dan perbaikan kapal bagi armada China yang sedang membangun kekuatan lintas benua.

Xanana menjawab, Asia Pasifik adalah wilayah yang luas dan mampu menampung niat positif dari semua pihak yang berkepentingan.

Baca Juga: Padahal Tak Ada Satupun Pria di Dalam Penjara, Tahanan Wanita di Penjara Khusus Ini Mendadak Hamil, Sampai Dilakukan Tes DNA Akhirnya Terkuak Fakta Mengejutkan Ini