Find Us On Social Media :

Pernah Meledak Jadi Pertarungan Penuh Pentungan, Batu, dan Tinju, Kini di Tengah Kebuntuan Perbatasan, Militer India Tangkap Tentara China, Ada Apa?

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 19 Oktober 2020 | 18:48 WIB

Ilustrasi militer India.

Intisari-Online.com - Militer India menangkap seorang tentara China pada Senin (19/10) di wilayah terpencil Ladakh, di mana kedua negara itu terkunci dalam kebuntuan militer selama berbulan-bulan di sepanjang perbatasan yang disengketakan.

Sebuah pernyataan oleh militer India mengatakan, Kopral Wang Ya Long dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China ditangkap di dalam wilayah Demchok di Ladakh yang dikuasai India dan akan segera dibebaskan.

"Sesuai protokol yang ditetapkan, dia akan dikembalikan ke pejabat China di titik pertemuan Chushul-Moldo setelah menyelesaikan formalitas," kata militer India, Senin (19/10), seperti dikutip Channel News Asia.

China tidak segera berkomentar tentang penangkapan tentaranya tersebut oleh India.

Baca Juga: Padahal Tak Ada Satupun Pria di Dalam Penjara, Tahanan Wanita di Penjara Khusus Ini Mendadak Hamil, Sampai Dilakukan Tes DNA Akhirnya Terkuak Fakta Mengejutkan Ini

Kebuntuan di dataran tinggi antara raksasa Asia itu dimulai pada awal Mei lalu dengan perkelahian sengit, dan meledak menjadi pertempuran tangan kosong dengan pentungan, batu, dan tinju pada 15 Juni yang menewaskan 20 tentara India.

China diyakini juga memiliki korban, tetapi belum memberikan perincian apapun.

Dua negara bersenjata nuklir tersebut saling menuduh menyeberang ke wilayah masing-masing dan melepaskan tembakan untuk pertama kalinya dalam 45 tahun terakhir.

Baca Juga: Ini Dia 9 Negara Bagian yang Menjadi Kunci di Pilpres AS 2020, Bagaimana Posisi Masing-masing Kandidat?