Find Us On Social Media :

Padahal Dulunya Getol Perangi Narkoba, Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Justru Ditahan karena Kasus Serupa

By Tatik Ariyani, Jumat, 16 Oktober 2020 | 21:24 WIB

Ilustrasi narkoba.

Intisari-Online.com - Terkadang, seseorang yang keras dalam memerangi suatu kejahatan malah terjerumus dalam kejahatan tersebut.

Pihak berwenang AS menahan mantan menteri pertahanan di era presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, di bandara Los Angeles pada Kamis (16/10/2020) atas surat perintah Administrasi Penegakan Narkoba AS (DEA).

Melansir Reuters pada Jumat (16/10/2020), seorang juru bicara DEA mengatakan bahwa menteri pertahanan Jenderal Salvador Cienfuegos sebelumnya dikenal sebagai tokoh yang kuat dalam memerangi narkoba di Meksiko.

Dia memimpin tentara memerangi kartel narkoba di seluruh negeri, di mana beberapa mantan pejabat "perangi narkoba" tingkat atas Meksiko telah ditangkap karena terlibat dalam kasus narkotika.

Baca Juga: 10 Bagian Tubuh Pria yang Membuat Mereka Panas dan Terganggu

Penangkapan tingkat tinggi pada Kamis itu terjadi kurang dari 3 pekan sebelum pemilihan presiden AS.

Presiden Donald Trump yang mencalonkan diri kembali menjadi presiden, diketahui telah menjadikan penangan kartel narkoba sebagai tujuan kebijakan utama. Namun, sedikit kemajuan besar sejak ia menjabat pada 2017.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan di Twitter bahwa dia diberitahu tentang penahanan Cienfuegos oleh duta besar AS untuk Meksiko.

“Konsul di Los Angeles akan memberi tahu saya tentang tuduhan tersebut dalam beberapa jam ke depan. Kami akan menawarkan bantuan konsuler yang menjadi haknya. Saya akan terus mengabari Anda," kata Ebrard.

Baca Juga: Kronologi Lengkap Kisah Tragis Elisabeth Fritzl yang 24 Tahun Disekap dan Kerap Diperkosa Ayahnya hingga Lahirkan 7 Anak