Find Us On Social Media :

Hobinya Jiplak Teknologi Jet Tempur, Kini China Malah Pelit Tak Sudi Jual Jet Tempur Siluman J-20 ke Negara Lain, Alasannya?

By Tatik Ariyani, Minggu, 4 Oktober 2020 | 15:41 WIB

Jet tempur j-20

Intisari-Online.com - Jet tempur siluman J-20 China buatan Chengdu Aerospace Corporation memulai debutnya pada 2011.

Analis Barat berasumsi bahwa jet tempur tersebut menjadi komoditas ekspor sebagaimana senjata buatan China yang lain.

Namun, perkiraan analisis Barat keliru. Pemerintah China tidak pernah mengekspor, atau bahkan mencoba mengekspor, jet tempur siluman J-20 miliknya.

Beijing memutuskan untuk mempertahankan kemampuan militer kelas atas J-20 untuk dirinya sendiri.

Baca Juga: Miliki 11.055 Kasus Kematian, Indonesia Tepati Urutan ke-3 dengan Jumlah Kematian Terbanyak di Asia, Hanya Kalah India dan Iran

Menurut perkiraan pemerintah China, uang tunai tidak sepadan dengan menyerahkan rahasia jet tempur yang mampu menghindari radar tersebut.

Bukan kebetulan, Amerika Serikat (AS) sebelumnya mengadopsi kebijakan serupa terkait jet tempur siluman F-22 miliknya sebagaimana dilansir dari The National Interest, Sabtu (3/10/2020).

Song Zhongping, mantan perwira dari pasukan rudal strategis China, mengungkapkan larangan ekspor J-20 dalam wawancaranya dengan program berita yang disiarkan Phoenix TV pada Desember 2014.

"Ekspor teknologi militer China yang canggih dilarang. Ini untuk menjaga teknologi generasi kelima J-20 (jatuh) ke tangan musuh,” kata Song.

Baca Juga: Bukan Hal Mengagetkan Jika Donald Trump Terinfeksi Covid-19, Ternyata Jauh Sebelum Itu Baba Vanga Pernah Meramalkan Kejadian Ini, Settingan Apa Kebetulan?