Find Us On Social Media :

1.000.000 Tentara Jepang Masih Hilang Setelah Lebih dari 7 Dekade, Upaya Pencarian Jenazah-jenazahnya Punya Sejarah Panjang!

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 19 September 2020 | 15:20 WIB

1.000.000 Tentara Jepang Masih Hilang Setelah Lebih dari 7 Dekade

Intisari-Online.com - Perang Dunia II berakhir lebih dari 75 tahun yang lalu, tetapi masih, lebih dari satu juta tentara Jepang belum ditemukan.

Jenazah mereka tersebar dari Rusia, Cina, dan Mongolia hingga Kepulauan Pasifik dan seluruh Asia.

Namun sayangnya warisan agresi Jepang selama perang masih menghambat upaya pemulihan hingga hari ini.

Adalah fakta yang menyedihkan bahwa sangat tidak mungkin jenazah-jenazah dari jutaan orang ini akan pernah ditemukan, diidentifikasi, dan dikembalikan ke keluarga mereka untuk dimakamkan secara bermartabat.

Baca Juga: Dunia Belum Kelar Atasi Virus Corona, Insiden Bak Covid-19 Jilid Dua Terjadi di China, 3000 Orang Terinfeksi Penyakit Baru Gegara Kebocoran di Laboratorium China

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan di Jepang bertanggung jawab atas dukungan dari keluarga yang berduka, dan mereka percaya bahwa hanya setengah dari jumlah orang hilang yang dapat dikembalikan.

Sisanya berada di dasar laut, terkubur di tempat tak dikenal, atau di daerah yang tidak stabil karena alasan politik atau keamanan.

Yang memperumit masalah ini adalah kenyataan bahwa sanak saudara bertambah tua dan meninggal.

Dokumen dan artefak hilang atau rusak, menghancurkan informasi berharga. Kapasitas penyimpanan untuk sisa-sisa yang dipulihkan juga merupakan masalah yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Percaya Diri Klaim Mandi Lumpur dan Tiup Keong Bisa Cegah Corona, Politisi Ini Dinyatakan Positif Covid-19