Find Us On Social Media :

Kebakaran Jenggot Gara-gara Taiwan Janjikan Hubungan Lebih Erat dengan AS, China Langsung Kirim 18 Jet Tempur

By Tatik Ariyani, Sabtu, 19 September 2020 | 14:32 WIB

Peta Taiwan

Intisari-Online.com - Hubungan China dan Taiwan semakin memburuk, terlebih saat AS datang untuk memberikan dukungan pada Taiwan.

Hal ini tentu membuat China semakin murka karena AS dianggap ikut campur urusannya dengan Taiwan.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menjanjikan hubungan yang lebih erat dengan Amerika Serikat ( AS) saat menjamu pejabat senior Kementerian Luar Negeri AS pada Jumat (18/9/2020) malam.

Hal itu dibalas China dengan mengirim 18 jet tempur di dekat pulau tersebut sebagaimana dilansir dari Reuters, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga: Meski Hanya Negara Kecil, Taiwan Menolak Tunduk pada China, Siap Beli Puluhan Senjata Canggih dari AS yang Dijamin Bikin China Ketar-ketir

Sebelumnya, pada Jumat pagi, China mengumumkan menggelar latihan tempur dan mengecam apa yang mereka sebut sebagai kolusi antara Taiwan dengan AS.

China mengklaim Taiwan adalah wilayahnya dan menganggap semua hubungan internasional dengan Taiwan haruslah melalui Beijing.

Taiwan lantas mengerahkan angkatan udaranya sebagai tanggapan atas pengiriman 18 jet tempur China tersebut.

Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Ekonomi Keith Krach tiba di Taipei pada Kamis (17/9/2020) dalam agenda kunjungan yang sedianya berlangsung selama tiga hari.

Baca Juga: Mau Kulit Wajah Glowing dan Mulus Seperti Artis Korea, Coba Lakukan Perawatan Kulit Secara Alami dengan Daun Binahong, Dijamin Cantik Luar Dalam