Find Us On Social Media :

Ketahui Kadar Gula Darah dalam Tubuh yang Dapat Cegah Diabetes, Lakukan Secara Mandiri dengan Glukometer, Begini Cara Pakainya!

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 16 September 2020 | 18:00 WIB

Ilustrasi diabetes

Intisari-Online.com – Mencegah lebih baik daripada mengobati, slogan itu sering kali kita dengar untuk menyatakan sebelum terkena penyakit akan lebih baik mencegahnya dahulu.

Mengetahui kadar gula darah secara mandiri dapat mencegah kita mengalami penyakit diabetes mellitus.

Apalagi bagi mereka yang sangat berisiko mengalami diabetes.

Hingga kini, jumlah penderita diabetes mellitus (DM) pun semakin bertambah.

Baca Juga: Selain untuk Mengatasi Diabetes, Ini Manfaat Daun Dewa untuk Wajah, Punya Kandungan yang Berkhasiat Digunakan dalam Perawatan Kulit

International Diabetes Federation (IDF) sendiri mencatat jumlah penyandang diabetes mellitus di dunia pada 2015 sudah mencapai sekitar 415 juta jiwa dan diperkirakan meningkat menjadi 642 juta jiwa (55 persen) pada 2040.

Indonesia menjadi negara ke-7 dengan jumlah penyandang diabetes terbanyak di dunia, yakni mencapai sekitar 10 juta penduduk.

Pengendalian glukosa darah yang baik merupakan salah satu faktor penting dan telah terbukti dapat menurunkan risiko komplikasi pada penyadang diabetes mellitus tipe 1 maupun diabetes mellitus tipe 2.

Dalam praktik klinik sehari-hari, pemeriksaan kadar glukosa darah, baik glukosa darah puasa (GDP), glukosa darah post-prandial (GDPP), maupun sewaktu dan HbA1c lazim dilakukan untuk menilai kendali glikemik penyandang diabetes mellitus.

Baca Juga: Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan, Ini Cara Menyimpan Biji Ketumbar yang Benar