Find Us On Social Media :

Niatnya Ingin Daftarkan Organisasinya, Ormas Mirip Sunda Empire di Garut yang Ubah Lambang Negara dan Cetak Uang Sendiri Ini Terbongkar

By Tatik Ariyani, Rabu, 9 September 2020 | 10:26 WIB

 

Intisari-Online.com - Setelah kasus Sunda Empire, kini sebuah ormas serupa yang berniat untuk membentuk 'negara' sendiri terbongkar kembali.

Sebuah ormas (organisasai kemasyarakatan) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, diduga mengubah bentuk Burung Garuda yang merupakan lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tak hanya itu, ormas yang menamakan diri Kandang Wesi Tunggal Rahayu ini juga mencetak uang sendiri yang digunakan untuk transaksi sesama anggotanya.

Terbongkarnya ormas tersebut setelah salah satu perwakilan organisai itu datang ke ke Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Garut untuk mendaftarkan lembaganya.

Baca Juga: Bak Saingi AS dan NATO, Pasukan Rusia, Serbia dan Belarusia Gelar Latihan Militer Gabungan

Setelah menerima ajuan pendaftaran tersebut, pihak Kesbangpolinmas Garut mencoba meminta klarifikasi dari orang yang mendaftarkan lembaganya. Namun orang itu tidak datang lagi.

Berikut fakta selengkapnya yang Kompas.com rangkum:

1. Berawal ingin dartar ke Kesbangpolinmas Garut

Kepala Kesbangpolinmas Garut Wahyudidjaya mengatakan, ormas ini awalnya ingin mendaftarkan organisasinya ke Kesbangpolinmas Garut.

Namun, saat dilakukan pengecekan berkas, ormas yang menamakan diri Kandang Wesi Tunggal Rahayu ini.

Baca Juga: Foto Ini Jadi Bukti Pamungkasnya, China Tak Bisa Berkilah Lagi, Seorang Reporter India Ungkap Aktivitas Tentara China Bersenjata Nekat Nylonong ke Pos Militer India