Find Us On Social Media :

Di Tengah Ketegangan dengan Rusia, Inggris Kerahkan Jet Tempur ke Laut Hitam

By Tatik Ariyani, Minggu, 6 September 2020 | 06:30 WIB

B-52 Stratofortress, pembom nuklir yang paling ditakuti China

Intisari-Online.com - Di tengah ketegangan dengan Rusia, jet tempur Inggris yang berbasis di Siprus diterbangkan ke wilayah Laut Hitam.

Pemindahan posisi jet tempur itu dilaporkan oleh Sky News pada Sabtu (5/9/2020).

Jet tempur tersebut telah lama disiagakan di Siprus sebagai bagian dari misi untuk melawan ISIS.

Sumber militer mengatakan, Eurofighter Typhoons milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) dikerahkan pada Jumat (4/9/2020) menyusul digelarnya latihan militer Rusia di daerah tersebut.

Baca Juga: Sebelum Timor Leste Lepas dari Indonesia, Rupanya Pernah Terjadi Peristiwa Menghebohkan Ketika Bahasa Tubuh Presiden Soeharto Disalahpahami, Ini Kisahnya

Pengerahan sejumlah jet tempur itu dibarengi dengan pengerahan pesawat tanker pengisi bahan bakar Voyager.

Sumber itu mengatakan mereka beroperasi dengan sejumlah pesawat pengebom seperti B-52 milik Amerika Serikat ( AS) yang terbang dari sebuah pangkalan udara di Inggris, tempat mereka ditempatkan.

Seorang Juru Bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengonfirmasi bahwa Eurofighter Typhoons RAF telah beroperasi di wilayah Laut Hitam.

"Itu menunjukkan kemampuan Inggris untuk mendukung kerja sama berkelanjutan dengan sekutu dan mitra di kawasan yang memperdalam hubungan dan keamanan kawasan," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Inggris.

Baca Juga: Habis Manis Sepah Dibuang, Setelah Dapat Stok Minyak Dari Negara-negara Ini Dengan Beri Utangan, China Depak Afrika Dari Sumber Minyak Mereka