Find Us On Social Media :

Jadi Orang Nomor Dua di Korut, Kim Yo-jong Tiba-tiba Menghilang, Rumor Sebut Dirinya Bisa Dalam Bahaya Ancaman Kim Jong-un

By Tatik Ariyani, Senin, 31 Agustus 2020 | 14:01 WIB

Kim Yo Jong, Adik Bungsu Kim Jong Un.

Intisari-Online.com - Beberapa waktu lalu, adik perempuan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, secara ‘de facto’ telah menjadi orang kedua.

Menurut agen mata-mata Korea Selatan yang dikutip oleh The Guardian, Kim Yo Jong akan bertanggung jawab atas hubungan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS).

Menurut anggota parlemen Korea Selatan yang duduk di komite majelis intelijen nasional, Ha Tae-keung, mengatakan Kim Yo Jong membantu menjalankan rezim dengan restu saudara laki-lakinya.

Ha mengatakan Kim Jong Un telah menyerahkan otoritas tingkat tinggi kepada adik perempuannya, itu sebagaimana dilansir dari The Guardian Jumat (21/8/2020).

Baca Juga: Xi Jinping Murka Sedang Tsai Ing-Wen Dipastikan Senyum Dari Pipi Ke Pipi, Sehabis Pejabat AS, Sekarang Gantian Pejabat Ceko Kunjungi Taiwan, 'Kami Itu Negara'

"Intinya adalah bahwa Kim Jong Un masih memegang kekuasaan absolut. Tetapi (kali ini) telah menyerahkan lebih banyak kewenangannya dibandingkan dengan masa lalu," kata Ha setelah briefing tertutup dengan dinas intelijen nasional Korea Selatan.

Dia menambahkan Kim Yo Jong secara 'de facto' adalah orang kedua.

Ha mengatakan penguasa Kim Jong Un juga telah mendelegasikan sejumlah wewenang pengambilan keputusan atas kebijakan ekonomi dan militer kepada pejabat senior lainnya.

Dia berspekulasi bahwa langkah tersebut mungkin dimaksudkan untuk mengurangi tingkat stres pada Kim dan memungkinkan dia untuk menghindari kesalahan atas kegagalan apa pun.

Baca Juga: Sudah Ada di Indonesia Sejak Maret dan 10 Kali Lebih Menular, Ini 6 Fakta Mutasi Virus Corona D614G, Vaksin Mungkin Tak Efektif