Find Us On Social Media :

Berniat Pecundangi Iran dengan Cara Ini, Amerika Serikat Malah Makin Terkucil di Dewan Keamanan PBB, Negara Sekutunya pun Tak Sudi Berpihak

By Tatik Ariyani, Senin, 24 Agustus 2020 | 09:59 WIB

Mike Pompeo

Intisari-Online.com - Pada Kamis lalu, Amerika Serikat bergerak untuk mengembalikan sanksi PBB terhadap Iran, termasuk embargo senjata.

AS beralasan Teheran melanggar kesepakatan nuklir yang dibuatnya dengan kekuatan dunia pada 2015 meskipun Washington sendiri meninggalkan perjanjian itu dua tahun lalu.

Melansir Reuters, Kamis (20/8/2020), AS mengirimkan surat kepada 15 anggota Dewan Keamanan PBB yang menuduh Teheran tidak patuh, memulai jam 30 hari yang dapat menyebabkan "snapback" sanksi PBB.

Upaya Amerika Serikat (AS) untuk mengembalikan semua sanksi terhadap Iran karena dituduh melanggar kesepakatan, tidak mendapat dukungan dari anggota Dewan Keamanan PBB.

Baca Juga: Jarang Menuai Sorotan Skandal 'Panas ' Presiden Donald Trump, Begini Babak Baru Kasus Bintang Fim Dewasa yang Mengaku Pernah Ditiduri Donald Trump

Pada Jumat (22/8) 13 negara dari 15 anggota dewan keamanan PBB menolak usulan AS tersebut.

Mengutip Reuters, kondisi ini membuat AS semakin diisolasi.

Negara-negara yang menolak ajakan AS itu beralasan bahwa Washington telah menarik diri dari perjanjian nuklir dengan Iran dua tahun lalu sehingga otomatis perjanjian itu tidak berlaku lagi.

Penolakan itu terjadi hanya dalam waktu 24 jam sejak Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan dia menghitung mundur 30 hari untuk mengembalikan sanksi PBB terhadap Iran, termasuk embargo senjata.

Baca Juga: Sedang Duduk Berdua, Pasangan Kekasih Remaja Tiba-tiba Lompat ke Sungai Musi, Keduanya Ditemukan Tewas