Find Us On Social Media :

HUT RI ke-75: Dijahit Khusus oleh Fatmawati, Ternyata Sudah Lama Bendera Pusaka Merah Putih Tidak Lagi Dikibarkan, Mengapa?

By Mentari DP, Senin, 17 Agustus 2020 | 07:00 WIB

Bendera merah putih.

Intisari-Online.com - Hari ini, Senin (17/8/2020), merupakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun.

Diketahui bersama, Bendera Merah Putih selalu berkibar di setiap perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di seluruh Indonesia.

Khususnya di Istana Merdeka, Jakarta karena dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia.

Namun, bendera yang digunakan bukanlah Bendera Pusaka yang pertama kali digunakan saat proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 1945 silam, melainkan duplikatnya.

Baca Juga: Mirisnya Nasib Janda Ini, Diperkosa Banyak Pria di Depan Anak, Hamil, hingga Idap Gangguan Jiwa, Walau Begitu Dia Enggan Berpisah dengan Bayinya

Dilansir Harian Kompas, 12 Agustus 1968, Bendera Pusaka Merah Putih tak lagi dikibarkan dan disimpan di museum sejak 1968.

Meski demikian, bendera bersejarah tersebut selalu diperlihatkan untuk umum saat upacara dan diserahkan oleh presiden kepada barisan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang juga menerima bendera baru.

Setelah bendera baru dikibarkan, Bendera Pusaka akan diserahkan kembali kepada presiden, selaku pemimpin upacara.

Baca Juga: Diklaim Tak Tertandingi di Timur Tengah, Ini Deretan Rudal Mematikan yang Dipunyai Iran, Ada yang Bisa Jangkau Jarak hingga 2.000 Km