Find Us On Social Media :

Bersiap Hadapi Ancaman China, Taiwan Naikkan Belanja Militer Sebanyak Ini Untuk Tahun 2021, Tapi Justru Belum Apa-apa Dibandingkan Belanja Militer China Ini!

By Maymunah Nasution, Sabtu, 15 Agustus 2020 | 15:37 WIB

Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen (kanan) dan Menkes AS Alex Azar (kiri) di Kantor Kepresidenan Taiwan

Intisari-online.com - Pemerintah Taiwan mengusulkan kenaikan belanja pertahanan 10% pada tahun 2021.

Kenaikan signifikan belanja pertahanan Taiwan ini sebagai respons atas tekanan China yang ingin menginvasi pulau demokratis tersebut bila tidak mau berada di bawah kekuasaan China.

Mengutip Reuters, kenaikan belanja pertahanan Taiwan tersebut dirilis pada Kamis (13/8). Kabinet Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen mengusulkan anggaran militer sebesar T$ 453,4 miliar atau setara US$ 15,42 miliar pada 2021.

Kalau dirupiahkan dengan kurs Rp 14.700 per dolar AS, maka nilai belanja pertahanan ini setara Rp 226.67 triliun.

Baca Juga: Berlari Kemudian Terpeleset, Kepala Balita ini Mendarat di Batang Logam yang Menonjol, Anehnya Bisa Selamat Setelah Kepalanya Tertancap Batang Besi, Ajaib!

Bila dibandingkan dengan Indonesia, maka nilai belanja pertahanan Taiwan ini jauh lebih besar.

Pada 2021, Kementerian Pertahanan Indonesia mengusulkan dalam APBN belanja pertahanan sebesar Rp 129,3 triliun.

Tentu saja jauh lebih kecil dibandingkan Taiwan.

Usulan belanja pertahanan militer Taiwan ini terhitung meningkat 10% dibandingkan dengan belanja pertahanan pada 2020 yang sebesar T$ 411,3 miliar.

Baca Juga: Protestan Turun ke Jalan Raya Setelah Curigai Pemilihan Presiden Belarus Penuh Kecurangan, Aparat Polisi Bungkam Dengan Cara Sadis dan Brutal: Setengah Telanjang dan Dipaksa Berlutut, Bahkan Merangkak