Find Us On Social Media :

Hanya Perlu 60 Jam! Eropa Timur Bakal dengan Mudah Diinvasi Rusia Meski NATO Berjuang Mempertahankannya, Hanya Senjata Mematikan Ini yang Bisa Membalasnya

By Khaerunisa, Jumat, 14 Agustus 2020 | 14:40 WIB

Militer Rusia

Hanya Perlu 60 Jam! Eropa Timur Bakal dengan Mudah Diinvasi Rusia Meski NATO Berjuang Mempertahankannya, Hanya Senjata Mematikan Ini yang Bisa Membalasnya

Intisari-Online.com - Memposisikan dirinya sebagai tanggapan terhadap NATO, Rusia disebut mampu menginvansi Eropa Timur dengan mudah.

Saat ini, struktur kekuatan NATO di Eropa Timur disebut tidak akan mampu menahan invansi Rusia ke negara seperti Latvia, Lithuania dan Estonia.

Melansir National Interest (12/8/2020), Hal itu dikatakan dari kesimpulan sebuah studi lembaga kajian.

Sebuah studi Rand Corporation yang disebut "Penguatan Pencegahan di Sisi Timur NATO" menentukan bahwa pertahanan NATO yang berhasil di kawasan itu akan membutuhkan angkatan udara-darat yang jauh lebih besar daripada yang dikerahkan saat ini.

Baca Juga: Satu Dekade Jadi Mimpi Buruk NATO, Jet Tempur Rusia Kini Justru Bak Macan Tanpa Taring, Mengesankan Tapi AS Tetap Unggul karena Kesalahan yang Dilakukan Rusia Sendiri

Secara khusus, studi tersebut menyerukan strategi NATO yang mirip dengan doktrin 'Pertempuran Udara' era Perang Dingin dari 1980-an. Selama ini, Angkatan Darat AS menempatkan setidaknya beberapa ratus ribu pasukan di Eropa sebagai strategi untuk menangkal potensi invasi Rusia.

Pejabat Angkatan Darat AS di Eropa memberi tahu Scout Warrior bahwa saat ini ada 30.000 tentara Angkatan Darat AS di Eropa.

Namun menurut studi, kini Rusia bisa secara dingin menyerbu negara-negara Baltik hanya dalam waktu 60 jam jika NATO tidak memiliki senjata ini.