Find Us On Social Media :

Warga Takut Tertular Virus Corona, Para Petugas Pemakaman Terpaksa Mengubur Jenazah Pasien Covid-19 Pakai Tangan Kosong

By Khaerunisa, Kamis, 13 Agustus 2020 | 07:00 WIB

Petugas pemakaman jenazah pasien Covid-19 tak dipinjami cangkul oleh warga yang takut tertular virus corona

Warga Takut Tertular Virus Corona, Para Petugas Pemakaman Terpaksa Mengubur Jenazah Pasien Covid-19 Pakai Tangan Kosong

Intisari-Online.com - Kepanikan dan ketakutan akan risiko penularan dari jenazah pasien Covid-19 masih dirasakan masyarakat.

Seperti diketahui, sebelumnya banyak terjadi penolakan pemakaman pasien Covid-19.

Baru-baru ini yang terjadi sedikit berbeda. Para warga di sekitar pemakaman enggan meminjamkan peralatan untuk mengubur karena takut tertular virus corona.

Hal tersebut terjadi di Dusun Karangtemplek, Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Minggu (9/8/2020).

Baca Juga: Melewati 24 Jam setelah Disuntik Uji Coba Vaksin Covid-19, Begini Pengakuan Driver Ojol yang Jadi Relawan: 'Ngantuknya Enggak Biasa'

Terlihat 10 tenaga medis sekaligus petugas pemakaman jenazah pasien Covid-19 yang terpaksa menutup liang lahat menggunakan tangan kosong.

Petugas terpaksa menutup liang lahat dengan tangan karena warga enggan meminjamkan cangkul karena takut tertular virus corona.

"Warga wajar kalau takut meminjamkan karena wabah virus corona masih terus terjadi sampai sekarang,” ujar Camat Ambulu, Sutarman saat dihubungi, Selasa (11/8/2020), dikutip dari Kompas.com.

Sutarman menjelaskan, sebelum para petugas datang membawa jenazah, pihak musyawarah pimpinan kecamatan dan desa sudah mempersiapkan pemakaman dengan menggali liang lahat.