Find Us On Social Media :

Sudah Kerahkan Pesawat dan Kapal Perang di Laut China Selatan, China Justru Minta Pasukannya untuk Tidak Melakukan Tembakan Pertama Saat Berhadapan dengan AS, Mengapa?

By Tatik Ariyani, Rabu, 12 Agustus 2020 | 08:00 WIB

Presiden China Xi Jinping

Sudah Kerahkan Pesawat dan Kapal Perang di Laut China Selatan, China Justru Minta Pasukannya untuk Tidak Melakukan Tembakan Pertama Saat Berhadapan dengan AS, Mengapa?

Intisari-Online.com - Meski situasi di Laut China Selatan masih memanas, namun konflik bersenjata di wilayah itu masih bisa dihindari.

Seorang sumber South China Morning Post mengatakan, Pemerintah China memerintahkan kepada pasukannya untuk tidak menembakkan tembakan pertama.

Alasannya, Beijing berupaya mengurangi ketegangan dengan Amerika Serikat di Laut China Selatan.

Seperti yang diketahui, kedua belah pihak telah meningkatkan operasi militer mereka di perairan yang disengketakan, sehingga kian meningkatkan risiko insiden yang tidak terkendali.

Baca Juga: Uji Klinis Fase 3 Resmi Dimulai, Ridwan Kamil hingga Kapolda Jabar Daftar Jadi Relawan, 'Vaksin Covid-19 Dijamin Halal'

Meski demikian, Beijing tidak ingin memberi kesempatan kepada Amerika untuk meningkatkan situasi lebih jauh.

Sumber-sumber tersebut mengatakan Beijing telah memerintahkan pilot dan perwira angkatan laut untuk menahan diri dalam pertikaian yang semakin sering terjadi dengan pesawat dan kapal perang AS.

Sementara itu, rincian lebih lanjut telah muncul terkait percakapan telepon antara menteri pertahanan kedua negara pekan lalu.

Seruan itu pertama kali disarankan oleh pihak AS sekitar sebulan sebelumnya.

Baca Juga: Bertaruh Nyawa, Begini Aksi Penyamaran yang Dilakukan Pasukan Elit TNI AD, Rela Ditempeleng Aparat hingga Dihujani Tembakan, Tapi Sukses Tangkap 2 Pemimpin GAM