Find Us On Social Media :

10 Manfaat Daun Saga, Ampuh Atasi Sakit Perut Lho! Apa Lagi Ya?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 2 Agustus 2020 | 19:17 WIB

10 Manfaat Daun Saga

Intisari Online.com – Tahukah Anda 10 manfaat daun saga?

Bagaimana pun canggihnya dunia kedokteran dan pengobatan, nyatanya masih banyak orang yang berpaling pada tanaman obat alias herbal.

Salah satu tanaman obat yang sering digunakan adalah daun saga, yang telah dipercaya seabgai obat tradisional sejak zaman dulu.

Masyarakat umum meyakini manfaat tanaman obat daun saga sebagai obat batuk, pilek, demam, sakit perut, dan berbagai penyakit lainnya, namun bagaimana pembuktiannya secara medis?

Daun saga adalah tanaman yang tumbuh secara liar di ladang, kebun, hutan, atau sengaja ditanam di pekarangan sebagai tanaman rambat.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Tanaman Obat Bayam Duri, Termasuk untuk Kesehatan Tulang, Tapi Hati-hati Bagi Penderita Ginjal

Daun saga memiliki nama Latin Abrus precatorius dengan bentuk daun majemuk bersirip ganjil. Bunga saga berwarna ungu muda dan biji saga berwarna merah dengan bintik hitam.

Berikut ini adalah kandungan daun saga, yaitu: Protein, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B6, Vitamin C, Saponin, Flavonoid, Tannin, Alkaloid, Kalsium oksalat, Glisirizin, Flisirizinat, Polygalacturomic acid, Pentosan,

Daun saga juga memiliki kandungan bahan kimia, yaitu: Luteolin, Isoorientin, L-Abrine, Precatorin I, II, III, Abruquinone D, E, F, Abrussaponin I, II, Gallic acid, Trigonelline, Agglutinin-I, dan Abrusin

Berdasarkan penelitian, ada sekitar 30 bahan kimia yang terkandung baik di daun, akar, biji, dan bunga saga.

Baca Juga: Ini 16 Manfaat Tanaman Obat Daun Kelor Tidak Hanya Cegah Kenker, Termasuk Obati Keluhan Perut dan Diabetes, Tapi Hati-hati Efek Sampingnya