Find Us On Social Media :

Tak Mau Kalah Langkah dari AS dan Australia, China pun Iming-imingi Negara Tetangganya di ASEAN dengan 'Hadiah' Ini Agar Mau Bergabung Mendukungnya

By Tatik Ariyani, Rabu, 29 Juli 2020 | 14:55 WIB

Presiden China Xi Jinping

Intisari-Online.com - Amerika Serikat ( AS) dan Australia pada Selasa kemarin (28/7/2020) mengatakan bahwa mereka akan memperluas kerja sama militer di tengah meningkatnya tensi dengan China.

"AS tahu ancaman yang dihadapi Anda dan oleh dunia. Dan AS mendukung Anda dalam ikatan aliansi kami, yang tidak bisa dirusak," ujar Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo selama konferensi pers bersama, sebagaimana dikutip media Perancis AFP.

Tak mau kalah langkah, China pun berusaha keras untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara tetangganya di Asia Tenggara dalam beberapa pekan terakhir.

Tiongkok menjanjikan bantuan pemulihan akibat wabah virus corona dan kerja sama ekonomi yang secara khusus ditargetkan pada negara-negara selama ini ramah kepada Washington.

Baca Juga: Setara 48 Kali Cadangan Emas Freeport, Inilah Jumlah Emas yang Dituntut oleh Trah Sultan Hamengkubuwono II dari Pemerintah Inggris, Ada Apa?

Ketika persaingan China dan AS melaju ke arah konfrontasi penuh, Beijing meningkatkan tekanan pada negara-negara tetangga untuk mencegah munculnya koalisi yang bermusuhan di dekat pintu rumahnya.

Tak lama setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengecam China atas klaimnya yang luas ke Laut Cina Selatan dua minggu lalu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi menenangkan Vietnam dan Filipina yang selama ini paling vokal sial sengketa maritim.

Sementara Presiden China Xi Jinping berbicara kepada para pemimpin di Thailand dan Singapura melalui sambungan telepon.

Di sisi lain, Thailand dan Filipina adalah sekutu perjanjian dengan Washington dan Singapura telah lama menjadi mitra keamanan tepercaya AS.

Baca Juga: Jadi Menu Favorit Idul Adha, Ternyata Mengolah Daging Kurban Jadi Sate Tidak Disarankan Loh, Ini Alasannya