Find Us On Social Media :

Saat Pembalasan China Jadi Nyata, Konsulat AS di Chengdu yang Dibuka Tahun 1985 Resmi Ditutup dengan Unggah Video Perpisahan yang Mengharukan

By Tatik Ariyani, Senin, 27 Juli 2020 | 13:34 WIB

Presiden China Xi Jinping

Intisari-Online.com - Penutupan konsulat AS di Chengdu dilakukan sebagai upaya balas dendam atas ditutupnya konsulat China oleh AS di Houston, Texas.

AFP memberitakan, bendera AS telah diturunkan di gedung konsulat Chengdu.

Kemudian Reuters mewartakan, polisi di Chengdu telah menutup akses masuk ke konsulat itu mulai pagi hari ini.

Sebanyak 4 petugas dengan pakaian pelindung berkeliling memeriksa keadaan di sekitar konsulat Chengdu pada pukul 10.24 siang waktu setempat.

Baca Juga: Panggil Seorang Wanita hingga 3 Kali dan Suruh Bersihkan Sampah, Pimpinan Kantor Ini Dongkol yang Dikira Tukang Sapu Ternyata Camat

Televisi pemerintah China CCTV melalui reporternya di lapangan, mengunggah video di Weibo yang menunjukkan bendera Amerika di depan konsulat Chengdu diturunkan pada pukul 6.18 pagi waktu setempat.

Hubungan AS dengan China yang merupakan dua negara poros perekonomian dunia, memburuk sejak beberapa puluh tahun ke belakang.

Penyebabnya beragam, mulai dari konflik perdagangan dan teknologi, pandemi Covid-19, klaim teritorial di Laut China Selatan, dan UU Keamanan Nasional di Hong Kong.

Dikosongkannya Konsulat Amerika Serikat (AS) di Chengdu usai resmi ditutup, diperingati Kedutaan Besar AS di China dengan mengunggah video perpisahan.

Baca Juga: Masih Sering Bingung Pilih Masker? Video Ini Secara Akurat Tunjukkan Bagaimana Seseorang Bersin dan Batuk dalam Berbagai Kondisi