Find Us On Social Media :

Jadi Titik Awal Berakhirnya Perang Salib, Kejatuhan Konstatinopel oleh Khilafah Utsmaniyah Ternyata Jadi Titik Awal Penjajahan Bangsa Eropa di Nusantara

By Ade S, Sabtu, 25 Juli 2020 | 11:51 WIB

Masa Kolonial di Indonesia

Intisari-Online.com - Bagi umat Islam, kejatuhan Konstatinopel oleh Khilafah Utsmaniyah bisa menjadi sebuah kebanggan.

Namun, siapa sangka, bahwa peristiwa yang dianggap mengubah jalannya sejarah dengan sangat luar biasa tersebut berdampak buruk bagi nusantara.

Penaklukan kota yang menjadi salah satu titik pusat perang salib (selain Yerusalem) tersebut membuat negara Eropa mulai berdatangan ke Asia Tenggara.

Akibatnya? Mungkin tidak perlu diceritakan kembali. Inilah titik awal penjajahan di tanah air yang tak hanya menguras kekayaan alam dan tenaga, tapi juga nyawa pribumi.

Baca Juga: Dipuja-puji karena Pernah Mengubah Katedral Hagia Sophia Menjadi Masjid, Inilah 5 Sisi Kelam Kekaisaran Ottoman, Begini Keriuhan 2.000 Harem yang Jadi Istri dan Selir Sultan

Lalu, apa hubungannya peralihan kekuasaan Kosntatinopel ke tangan Khilafah Utsmaniyah bisa membawa bangsa Eropa ke Nusantara?

Mari kita simak terlebih dahulu mengenai sejarah kejatuhan Konstatinopel.

Di abad pertengahan, Turki Usmani adalah salah satu peradaban terhebat di dunia.

Di bawah pendirinya, Osman, Turki Usmani menyerang dua kekuatan besar di sekitarnya yakni Kerajaan Mamluk dan Kekaisaran Byzantium.

Baca Juga: Intip Suasana Khusyuk Dan Haru Shalat Jumat Pertama di Hagia Sophia Setelah 86 Tahun 'Vakum', Tirai-tirai Dibentangkan untuk Hal Ini