Find Us On Social Media :

Jika Kepala Negara Ingin Pandemi Cepat Berakhir, Tiga Syarat Ini yang Menurut Ilmuwan Harus Dilakukan, Sudahkan Terjadi di Indonesia?

By Khaerunisa, Sabtu, 25 Juli 2020 | 08:59 WIB

Ilustrasi virus corona.

Jika Kepala Negara Ingin Pandemi Cepat Berakhir, Tiga Syarat Ini yang Menurut Ilmuwan Harus Dilakukan, Sudahkan Terjadi di Indonesia?

Intisari-Online.com - Penularan virus corona di dunia masih mengkhawatirkan.

Masih terjadi penambahan kasus positif, sementara pemerintah terus melakukan upaya penanganan.

Sementara itu, para peneliti ini memperingatkan kepala negara di seluruh dunia tentang pencegahan yang efektif.

Para peneliti di University Medical Center Utrecht seperti dikutip dari CNN (23/07/20) memberi ‘peringatan’ kepada kepala negara di seluruh dunia bahwa epidemi besar dapat dicegah jika tindakan pencegahan berhasil mencapai lebih dari 50%.

Baca Juga: Covid Hari Ini 25 Juli 2020: Indonesia Masih Mencatatkan Ribuan Kasus per Hari, Pemerintah Sebut Belum Maksimalnya Hal Ini yang Jadi Sebab Kasus Positif Covid-19 Terus Naik

Menurut para peneliti ini, tindakan pencegahan menyebarnya virus sebenarnya sangat mudah dan sederhana, dan telah berulangkali didengungkan sejak virus corona menyeruak ke seluruh dunia, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Tiga perilaku ini dipercaya dapat menghentikan penyebaran Covid-19. Bahkan jika vaksin tidak ditemukan atau hanya ada pengobatan tradisional/alternatif

Kesimpulan ini dituangkan dalam studi yang dipublikasikan Selasa 21 Juli 2020 dalam jurnal PLoS Medicine, menciptakan model baru untuk melihat penyebaran penyakit dan upaya pencegahan yang dapat membantu penyebaran virus lebih cepat.

"Tingkat kontak dalam penelitian ini didasarkan pada interaksi orang-orang di Belanda, tetapi model ini sesuai untuk negara-negara lainnya," kata para peneliti.