Find Us On Social Media :

Aksi Hebat TNI, Berhasil Tangkap Dua Kapal China dan Temukan Ketidakadilan Terhadap Pekerja WNI di Kapal, Satu Jasad Ada Freezer, Ini Kronologinya

By Maymunah Nasution, Jumat, 10 Juli 2020 | 06:30 WIB

Penemuan jenazah ABK Indonesia di freezer kapal China.

Aksi Hebat TNI, Berhasil Tangkap Dua Kapal China dan Temukan Ketidakadilan Terhadap Pekerja WNI di Kapal, Satu Jasad Ada Freezer, Ini Kronologinya

Intisari-online.com - Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto memberikan penjelasan mengenai pengejaran dua kapal berbendera China dan ditemukannya jasad satu pekerja WNI, yang menjadi ABK salah satu kapal, dalam kondisi tewas di dalam freezer.

Korban tewas tersebut bernama Hasan Afriandi asal Lampung.

WNI yang meninggal dunia di kapal berbendera China tersebut sebelumnya telah mencari cumi di perairan Argentina bersama sembilan WNI lainnya di kapal Lu Huang Yuan Yu 118.

Sementara di kapal berbendera China lain yang juga dikejar, yakni Lu Huang Yuan Yu 117, terdapat 12 WNI yang bekerja sebagai ABK.

Baca Juga: Covid Hari Ini 9 Juli 2020: Ketika Pakar Ungkap Dugaan Kerusakan Otak Akibat Covid-19, Seperti Apa?

Dua kapal berbendera China ini sebelumnya mencari cumi ke perairan Argentina.

"Jadi total seluruhnya ada 22 WNI yang dipekerjakan dari dua kapal nelayan berbendera China, yakni Lu Huang Yuan Yu 117 dan Lu Huang Yuan Yu 118," kata Indarto Budiarto saat melakukan pres rilis di Dermaga Lanal Batam, Rabu (8/7/2020).

Para pekerja disalurkan agen, bekerja sejak Januari 2020

Diceritakan Indiarto, di atas kapal Lu Huang Yuan Yu 118 terdapat 32 kru yang terdiri dari 10 WNI, termasuk almarhum Hasan Afriandi dan 15 WNA asal China serta delapan WNA asal Filipina.

Baca Juga: Perusahaan Telekomunikasi China Dituduh Pengaruhi Tokoh Penting Lewat Jebakan Jabatan Hingga Wanita Cantik