Find Us On Social Media :

Siratkan Pesan Bahwa China Jadi Pemimpin Teknologi Nuklir Global, Negeri Panda Ini Akan Bangun 6 sampai 8 Reaktor Nuklir hingga 2025

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 9 Juli 2020 | 15:39 WIB

 

Intisari-Online.com - China akan membangun 6 sampai 8 reaktor nuklir untuk pembangkit listrik tenaga nuklir ( PLTN) mulai 2020 hingga 2025.

Asosiasi Energi Nuklir China mengatakan, total kapasitas terpasang PLTN diharapkan dapat mencapai 52 gigawatt pada akhir 2020.

Pada 2035, total kapasitas terpasang PLTN di China diharapkan dapat mencapai 200 gigawatt, sebagaimana dilansir The Straits Times, Kamis (9/7/2020).

Ambisi China untuk mengembangkan PLTN belakangan ini menghadapi sejumlah hambatan.

Baca Juga: Akhirnya China 'Menyerah' Bikin Gara-gara dengan India, Foto Satelit Ungkap Tiongkok Tarik Pasukannya dari Perbatasan dengan India, Sudah Damai?

Hambatan tersebut berupa penundaan pembangunan proyek besar karena teknologinya belum teruji dan moratorium atas insiden Fukushima di Jepang pada 2011.

Para pejabat China, pada April, mengatakan, pembangunan PLTN di China tidak akan terpengaruh oleh merebaknya virus corona.

Namun, nyatanya belum ada pembangunan reaktor nuklir tahun ini yang diberikan lampu hijau sepanjang 2020.

Hingga akhir Mei, kapasitas terpasang PLTN di China masih tercatat 48,8 GW atau sekitar 2,5 persen dari total pembangkit listrik mereka.

Baca Juga: Tampaknya China Sedang Pusing, Wabah Pes 'Black Death' yang Dulu Tewaskan Jutaan Jiwa Muncul di Tiongkok Saat Covid-19 Belum Sepenuhnya Tuntas