Find Us On Social Media :

Diprediksi Bisa Mencapai 4.000 Kasus per Hari, Indonesia Berpotensi Menyusul China dan India Jadi Episentrum Pandemi Covid-19 pada Oktober

By Khaerunisa, Selasa, 7 Juli 2020 | 12:48 WIB

ilustrasi virus corona

Diprediksi Bisa Mencapai 4.000 Kasus per Hari, Indonesia Berpotensi Menyusul China dan India Jadi Episentrum Pandemi Covid-19 pada Oktober

Intisari-Online.com - Kasus Covid-19 di Indonesia bertambah setiap harinya.

Bahkan, kini jumlah penambahan per hari dalam data yang dilaporkan pemerintah sudah jauh dari awal virus corona menyebar di Indonesia.

Jika sebelumnya penambahan per hari berada di angka ratusan, maka kini penambahan menunjukkan angka seribuan.

Namun rupanya jumlah tersebut belum apa-apa dibanding prediksi yang disampaikan Ahli Epidemologi dari Universitas Indonesia (UI) ini.

Baca Juga: Covid Hari Ini 7 Juli 2020: Menilik Ketepatan Prediksi Gugus Depan terhadap Kasus Covid-19 di Indonesia, Rapid Test Justru Menghambat?

Indonesia bisa menjadi episentrum atau pusat penyebaran corona ketiga di Asia, setelah Cina dan India.

Ahli Epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan, kajian yang dilakukan Fakultas Kesehatan UI, tingkat infeksi virus corona akan terus mendaki hingga September atau Oktober, dengan angka infeksi bisa mencapai 4.000 kasus per hari.

“Kondisi ini terjadi karena strategi yang dilakukan pemerintah saat ini kurang tepat sehingga penyebaran masih akan massif,” ujar Pandu Riono, kepada KONTAN, (6/1).

Pengujian yang dilakukan pemerintah saat ini yakni dengan menyasar semua orang berpotensi meleset dalam mendeteksi orang tanpa gejala.