Find Us On Social Media :

Jika Bom Atom Sekuat di Nagaski-Hiroshima dan Nagasaki Dijatuhkan di Jakarta Saat Ini, Inilah Dampak Kerusakan yang Akan Terjadi di Indonesia

By Afif Khoirul M, Senin, 6 Juli 2020 | 17:56 WIB

Ilustrasi ledakan bom nuklir.

Intisari-online.com - Pada 6 Agustus 1945, pesawat pengebom B-29 milik AS menjatuhkan bom atom berjuluk Little Boy di kota Hiroshima, Jepang.

Meski bernama 'Little Boy', dampak bom itu jauh dari ukuran kecil.

Kota Hiroshima luluh lantak dan 140.000 orang tewas seketika, belum dihitung mereka yang tewas kemudian karena luka-luka dan pengaruh radiasi.

Padahal, bom atom Little Boy itu "hanya" berkekuatan 15 kiloton, yang jika dibanding dengan persenjataan nuklir yang dimiliki beberapa negara saat ini, tentu terbilang amat kecil.

Baca Juga: Diam-diam Indonesia Pernah Nyaris Memiliki Bom Nuklir Pada Era Presiden Soekarno, Amerika Sampai Dibuat Ketar-Ketir Begitu Mendengar Kabar Itu

Lalu bagaimana jika bom atom, setidaknya bom yang dijatuhkan di Hiroshima, dijatuhkan di sebuah kota modern saat ini?

Bayangkan jika sebuah bom berkekuatan 150 kiloton dijatuhkan di sebuah kota besar misalnya New York, London, Bangkok, atau Jakarta.

"Kita hidup di masa ketika senjata nuklir menjadi pembicaraan sehari-hari."

"Meski demikian, banyak orang yang tidak menyadari dampak yang dihasilkan sebuah bom nuklir," kata Alex Wellerstein, sejarawan sains dari Institut Teknologi Stevens, New Jersey, AS.

Baca Juga: Diyakini Sebagai yang Terbesar di Planet ini, Inilah 5 Fakta Gila Bendungan Terbesar di Dunia Buatan China yang Konon Adalah Benteng Terkuat China, Katanya Ada 'Monster Air' di Dalamnya